Rabu 05 Apr 2023 09:59 WIB

Tak Ada Wajah Michael Jordan di Film Air, Ben Affleck Buka Suara

Film Air mengisahkan saat Nike pertama kali mengontrak Michael Jordan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
 Michael Jordan. Film Air yang berkisah tentang Michael Jordan justru tak menampakkan wajah pebasket tersebut (ilustrasi).
Foto: Reuters/Ray Stubblebine
Michael Jordan. Film Air yang berkisah tentang Michael Jordan justru tak menampakkan wajah pebasket tersebut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film baru arahan Ben Affleck, Air, menceritakan sejarah saat perusahaan alas kaki Nike pertama kali mengontrak pebasket Michael Jordan untuk lini sepatu Air Jordan. Namun, Affleck memilih untuk tidak menampilkan wajah Jordan di hampir sepanjang film.

Sosok Jordan yang asli memang terlihat pada sejumlah sisipan video dokumentasi pertandingan basket atau foto-foto di akhir film. Sementara, di sejumlah adegan, Jordan yang dalam film diperankan oleh aktor Damian Delano Young, tidak diperlihatkan wajahnya.

Baca Juga

Saat ada interaksi tokoh lain dengan Jordan versi Young, hanya diperlihatkan bagian belakang atau samping dirinya, atau hanya terdengar suaranya. "Jordan terlalu besar. Dia ada melampaui dan di sekitar cerita dalam film ini," kata Affleck, dikutip dari laman People, Rabu (5/4/2023).

Pertimbangan lain yang diambil Affleck adalah, dia ingin membiarkan penonton membawa semua hal yang dipikirkan dan dingat tentang Michael Jordan, dan apa artinya pebasket itu bagi penonton. Membebaskan penonton memproyeksikan hal tersebut dianggap Affleck akan memberikan efek lebih baik.

Affleck tidak hanya mengarahkan film, tetapi juga berperan sebagai tokoh Philip Knight, salah satu pendiri Nike, Inc. Air dibintangi oleh Matt Damon dan merupakan film pertama besutan perusahaan produksi baru milik Affleck dan Damon, Artists Equity.

Sebelum memulai proyek film Air, Affleck berjumpa dengan sosok Michael Jordan yang sebenarnya untuk bertukar pikiran. Dia juga menanyai sang legenda basket itu tentang siapa yang harus memerankan ibunya, Deloris Jordan. Permintaan Jordan sangat spesifik, yakni dia menginginkan Viola Davis.

"Dia sangat serius, mengatakan, ‘Viola Davis, itu ibuku.' Dan begitulah. Diskusi selesai. Bagaimanapun sudah terjadi, itu bukan masalahnya, tapi memang akan terjadi. Dan saya menjawab, 'Oke, Mike.'," ujar Affleck mengenang perbincangannya dengan Jordan.

Aktris Viola Davis tersanjung mengetahui Jordan sendiri yang meminta agar Affleck meminta dirinya untuk berperan sebagai sang ibunda. Davis menyampaikan itu usai pemutaran perdana Air di festival South by Southwest (SXSW) di Austin, Texas, Amerika Serikat.

"Saya baru mendengarnya sekarang. Itu mengejutkan saya. Saya senang tidak mengetahui ini sebelumnya," kata Davis ketika berjalan di karpet merah bersama sang suami, Julius Tennon, yang juga berperan di film sebagai James Jordan, ayah Michael Jordan.

Selain Affleck, Damon, dan pasangan Davis, film Air juga dibintangi oleh Jason Bateman, Chris Messina, Marlon Wayans, Chris Tucker, dan Gustaf Skarsgård. Film Air sudah tayang di bioskop Indonesia mulai 5 April 2023.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement