Selasa 04 Apr 2023 21:52 WIB

Bella Hadid Bagikan Perjuangan Melawan Penyakit Lyme dan Sakit Gigi

Bella Hadid telah menderita penyakit Lyme sejak 2012.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Model AS Bella Hadid. Dalam sebuah postingan di TikTok, Bella menceritakan rasa sakit yang menderanya akibat penyakit Lyme dan infeksi gigi.
Foto: EPA-EFE / IAN LANGSDON
Model AS Bella Hadid. Dalam sebuah postingan di TikTok, Bella menceritakan rasa sakit yang menderanya akibat penyakit Lyme dan infeksi gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua pekan setelah menjalani lima bulan tanpa alkohol, supermodel Bella Hadid mengungkap momen panjang perjuangan kesehatannya dengan penyakit Lyme. Penyakit yang ditularkan melalui gigitan kutu dan telah dideritanya sejak 2012.

Dalam proses perjuangannya melawan penyakit Lyme, Bella juga menderita masalah gigi setelah mengalami infeksi pascaoperasi saluran akar gigi pada tahun lalu. Supermodel berusia 26 tahun itu juga memerinci dampak kesehatan lain yang ia derita akibat penyakit tersebut.

Baca Juga

Bella bahkan mengaku tidak tahan melihat bayangannya di cermin ketika fisiknya berubah karena kondisi kronis itu. Dia merasakan sakit saraf dari rahang sampai ke seluruh meridian tubuh.

"Dan untuk disentuh, di mana-mana sepanjang tubuh saya melalui semua kelenjar getah bening saya. Rasa sakit ini, kawan. Sesuatu yang sangat berbeda. Sangat berbeda," kata Bella tentang masalah giginya dalam sebuah postingan di TikTok, dikutip dari Ace Showbiz, Selasa (4/3/2023).

Bella mengatakan penyakitnya membuat ia mengalami radang pada rahang. Sementara itu, penyakit Lyme menyebabkannya didera kelelahan kronis, infeksi pada rahang dan gigi, usus bocor, masalah kulit, dehidrasi, depresi, hingga radang wajah, dan tubuh yang terasa sakit luar biasa.

Bella juga mengalami radang otak dan migrain. Dia mengatakan masalah kesehatannya telah memengaruhi penampilannya.

Adik dari Gigi Hadid itu kerap hanya bisa bertanya-tanya mengapa wajahnya berubah. Hal itu membuat ia benci melihat ke cermin atau dipotret kamera, terutama belakangan ini.

"Saya benar-benar ingin muntah melihat diriku terus-menerus. Bertahun-tahun ini," ungkap Bella.

Menurut Bella, jika perempuan bisa berdandan untuk menutupi ruam pada kulit mereka, namun tentu itu lebih sulit bagi pria. Terlebih bagi profesi yang dituntut harus tampil di depan layar atau publik.

"Dan jika Anda melihat kembali foto-foto saya dari delapan tahun terakhir, Anda dapat mengetahui perbedaan antara saya ketika Lyme saya menyerang dan saya ketika saya sehat. Dia gadis yang berbeda. Saya merasa sangat kasihan pada tubuh saya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement