Senin 03 Apr 2023 17:35 WIB

Agar Harga Jual Rumah Sesuai Harapan, Coba Trik Hemat Ini

Memperbaiki tampilan depan rumah kerap mempercepat proses penjualan rumah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pemilik rumah yang berencana untuk menjual rumah mereka tentu ingin memasang harga yang terbaik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat rumah tampak lebih menarik sehingga nilai jualnya ikut meningkat./ilustrasi
Foto: bni syariah
Pemilik rumah yang berencana untuk menjual rumah mereka tentu ingin memasang harga yang terbaik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat rumah tampak lebih menarik sehingga nilai jualnya ikut meningkat./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pemilik rumah yang berencana untuk menjual rumah mereka tentu ingin memasang harga yang terbaik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat rumah tampak lebih menarik sehingga nilai jualnya ikut meningkat.

Manajer Properti We Buy Any Home, Terry Fisher, mengungkapkan bahwa tampilan rumah menjadi salah satu faktor penting yang dipertimbangkan oleh calon pembeli. Dengan melakukan sedikit perbaikan pada tampilan depan rumah, nilai jual rumah bisa meningkat secara cukup signifikan.

Baca Juga

Fisher mencontohkan, harga rumah rata-rata di Inggris adalah sekitar Rp 4 miliar. Proses pembersihan dan perbaikan area depan rumah bisa menambah nilai jual rumah hingga sekitar Rp 1,8 miliar.

Tak hanya meningkatkan nilai jual, memperbaiki tampilan depan rumah kerap mempercepat proses penjualan rumah. Menurut Fisher, perbaikan rumah sederhana yang bisa dilakukan oleh penjual rumah adalah membersihkan jendela dan bingkai jendela serta mengecat eksterior rumah dengan warna yang segar dan netral.

Mengecat tembok rumah sebelum dijual dapat membuat rumah terlihat bersih. Pemilihan warna yang tepat juga dapat membuat rumah tampak lebih menarik bagi calon pembeli.

"Studi-studi terbaru menunjukkan bahwa pintu berwarna merah terang bisa sangat meningkatkan daya tarik rumah sampai nilai jualnya dapat meningkat hingga 36 persen lebih tinggi dibandingkan rerata harga rumah," jelas Fisher, seperti dilansir Express.

Saat memperbaiki tampilan depan rumah, pastikan beberapa area tak luput dari perhatian. Sebagian di antaranya adalah kotak surat, gagang pintu, serta nomor rumah. Beragam area ini bisa dibersihkan atau diganti dengan yang lebih baru.

Hal sederhana lain yang dapat dilakukan untuk mendongkrak nilai jual dan daya tarik rumah adalah mempercantik kamar mandi dan dapur. Dapur menjadi salah satu area yang perlu mendapatkan tampilan baru karena dapur sering kali menjadi pusat kehidupan di rumah.

Di sisi lain, kamar mandi merupakan ruang penting yang kerap digunakan penghuni rumah untuk membersihkan diri. Tak jarang, kamar mandi juga menjadi tempat melepas penat dan merelaksasi diri setelah seharian beraktivitas. Oleh karenanya, kamar mandi juga penting untuk diperhatikan.

Tampilan dapur yang baru bisa meningkatkan nilai jual rumah sekitar lima persen, sedangkan kamar mandi yang baru dapat meningkatkan nilai jual rumah sebanyak tiga persen. Akan tetapi, merenovasi dapur dan kamar mandi biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar.

Berkaitan dengan hal ini, Fisher mengatakan ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi dapur dan kamar mandi tanpa harus melakukan renovasi total dan memakan biaya besar. Untuk dapur, penjual rumah bisa melakukan pengamplasan dan pengecatan pada pintu-pintu kabinet di dapur.

"Pengamplasan dan pengecatan pintu kabinet dengan warna segar dan natural bisa membuat dapur tampak seperti baru dan jauh lebih murah daripada mengganti seluruh kabinet," lanjut Fisher.

Untuk di kamar mandi, hal yang bisa dilakukan adalah memasang kran baru. Tampilan keran yang baru ini dapat membuat kamar mandi terlihat baru meski wastafel, bak, atau bathtub tak diganti.

Bila nat pada sela ubin kamar mandi terlihat kotor, coba bersihkan atau membuatnya tampak lebih cerah. Nat berwarna putih akan memberikan kesan bersih dan segar, sedangkan warna hitam bisa memberikan tampilan yang modern. "Terutama dengan ubin putih," ujar Fisher

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement