Sabtu 01 Apr 2023 13:09 WIB

Biden Kunjungi Wilayah Terkena Dampak Tornado dan Janjikan Bantuan

Sebanyak 25 orang meninggal di Mississippi akibat tornado dahsyat.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ani Nursalikah
Warga memeriksa rumah yang hancur sehari setelah tornado di Amory, Mississippi, AS, 25 Maret 2023. Sedikitnya 25 orang tewas setelah tornado semalam dan wabah cuaca buruk melanda negara bagian Mississippi, AS.
Foto: EPA-EFE/THOMAS GRANING
Warga memeriksa rumah yang hancur sehari setelah tornado di Amory, Mississippi, AS, 25 Maret 2023. Sedikitnya 25 orang tewas setelah tornado semalam dan wabah cuaca buruk melanda negara bagian Mississippi, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (31/3/2023) mengunjungi wilayah yang terkena dampak badai besar di Mississipi. Berbicara dari komunitas Rolling Fork Mississippi yang terpukul parah, Biden mengatakan, pemerintah federal akan menanggung seluruh biaya tindakan darurat selama 30 hari ke depan dalam menanggapi badai.

Sebanyak 25 orang meninggal di Mississippi akibat tornado dahsyat. Sementata satu orang tewas di Alabama.

Baca Juga

"Dalam tiga menit lingkungan ini hilang. Semuanya hilang. Tiga ratus rumah dan bisnis menjadi tumpukan puing bercampur dengan barang-barang pribadi yang sangat penting. Ada boneka beruang, album foto keluarga, pakaian, piring, dasar-dasar kehidupan semuanya hilang," ujar Biden, dilaporkan Aljazirah, Jumat (31/3/2023).

Biden mendeklarasikan keadaan darurat di Mississippi dan memerintahkan bantuan federal untuk melengkapi upaya pemulihan negara bagian, dan komunitas lokal di daerah yang terkena dampak. Bantuan tersebut dapat digunakan untuk membantu warga membangun kembali rumah mereka dan mengakses perumahan sementara.

Wali Kota Rolling Fork Eldridge Walker optimistis wilayahnya dapat kembali dibangun. "Kami yakin dengan orang-orang Rolling Fork, kami tangguh dan kami akan membuat komunitas ini lebih besar dan lebih baik," ujarnya.

Janji untuk membangun kembali di Mississippi datang ketika ahli meteorologi memperingatkan jutaan orang untuk bersiap menghadapi badai besar yang terjadi di setidaknya 15 negara bagian di Midwest dan AS selatan pada Jumat. Cuaca ekstrem akan menimbulkan tornado, badai salju, dan hujan beku ke sebagian besar negara bagian, termasuk daerah yang terkena badai pekan lalu.

Lebih dari 85 juta orang berada di bawah peringatan cuaca pada Jumat. Pusat Prediksi Badai Layanan Cuaca Nasional memperkirakan wabah badai petir yang luar biasa besar dengan potensi menyebabkan hujan es, hembusan angin yang merusak, dan tornado kuat yang dapat bergerak dengan jarak jauh di atas tanah.

Pada Jumat sore, Layanan Cuaca Nasional telah mengeluarkan peringatan tornado untuk Iowa timur dan tengah, Illinois barat laut, Missouri timur laut, dan sudut barat daya Wisconsin. Peringatan ini mendesak lima juta orang yang tinggal di daerah rawan untuk bersiap menghadapi banyak tornado kuat pada Jumat sore dan malam.  Layanan tersebut juga memperingatkan bahwa Arkansas timur laut, tumit sepatu bot selatan Missouri, Kentucky barat, dan Tennessee barat juga berisiko terkena tornado. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement