Sikat Gigi Saja tak Cukup, Begini Cara Jaga Napas Tetap Segar Selama Puasa

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Qommarria Rostanti

Jumat 24 Mar 2023 21:11 WIB

Sikat gigi (ilustrasi). Menyikat gigi saja tak cukup untuk menjaga kesegaran napas selama puasa. Foto: PxHere Sikat gigi (ilustrasi). Menyikat gigi saja tak cukup untuk menjaga kesegaran napas selama puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Selama berpuasa, bakteri dan kuman akan berkumpul dan berkembang biak karena mulut tidak bekerja seperti hari biasanya. Kepala UPTD Puskesmas Cijagra Lama, drg Tavip Hariyadi, membagikan tips untuk menjaga napas tetap segar meski berpuasa.

"Di lapisan email gigi itu banyak bakterinya. Saat mulut kita tidak aktif, kuman lebih banyak berkumpul dan menyebabkan plak yang semakin banyak juga. Inilah yang membuat aroma tak sedap muncul dari mulut kita," kata Tavip. 

Baca Juga

Untuk menjaga agar napas tetap segar, maka gigi harus rutin dibersihkan minimal dua kali sehari, yakni setelah sahur dan sebelum tidur atau setelah makan malam. Di samping menjaga kebersihan gigi dan mulut, Tavip juga mengingatkan pentingnya menjaga asupan makanan. 

“Kadang saat berpuasa orang-orang tidak terlalu memperhatikan apa yang dikonsumsinya,” ujarnya. 

Dia mengimbau agar masyarakat dapat menyeimbangkan asupan makanan sesuai dengan gizi dan kalori yang dibutuhkan. Dia juga menyarankan agar lebih memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan serta protein yang cukup. 

“Makan yang lain boleh, tapi kurangi saja di bulan Ramadan ini. Hindari makanan yang terlalu menyengat atau goreng-gorengan," kata Tavip. 

Jika memiliki kondisi gigi kurang baik, segera periksakan ke dokter gigi terdekat. Sebab, kondisi gigi yang memiliki lubang (karies) dapat menjadi salah satu penyebab aroma mulut yang tak sedap.  

“Harus diperhatikan perawatannya. Bisa jadi aroma tidak sedap dari mulut kita itu karena ada kondisi yang tidak baik pada gigi kita," katanya.

Dia juga menegaskan bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut tak hanya dengan menyikat gigi. Untuk memaksimalkan perawatan gigi dan mulut, gunakan obat kumur antiseptik demi menjaga kebersihan mulut dan kesegaran nafas, khususnya selama berpuasa. 

"Pakai pembersih lidah juga bisa. Tapi, kadang-kadang kita ingin sampai bersih, jadi agak terlalu masuk, malah terangsang untuk muntah. Nanti khawatir jadi batal," ujarnya.

Pada bulan Ramadan ini, masyarakat diimbau membersihkan gigi dengan baik dan benar, membersihkan lidah, dan berkumur dengan antiseptik. "Tak lupa perbanyak konsumsi sayur dan buah," ujarnya.