Sambut Ramadhan, BWA Gelar Jogja Mengaji, Bekasi Mengaji dan Depok Mengaji

Red: Agung Sasongko

Selasa 21 Mar 2023 20:14 WIB

BWA mengajak masyarakat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan menggelar Jogja Mengaji, Bekasi Mengaji dan Depok mengaji, 17-19 Maret 2023. Foto: Dok BWA BWA mengajak masyarakat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan menggelar Jogja Mengaji, Bekasi Mengaji dan Depok mengaji, 17-19 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BWA memiliki cara unik untuk mengajak masyarakat menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini. Dengan bertajuk Jogja Mengaji, Bekasi Mengaji dan Depok mengaji, BWA melibatkan masyarakat umum dan para santri untuk melakukan aktivitas mengaji dan bershalawat di tempat-tempat umum seperti di pedestrian, bus angkutan umum bahkan di dalam kereta. Gelaran kegiatan ini dilakukan berturut-turut pada hari Jumat-Ahad, 17-19 Maret 2023.

Abah Narko selaku ketua panitia Jogja Mengaji mengatakan bahwa kegiatan mengaji di 0 Kilometer Malioboro ini sebagai ungkapan gembira akan datangnya bulan suci Ramadhan. “Selain itu,  kami juga mengajak kepada warga Jogja untuk membaca kitab suci Alquran,” ujarnya.

Baca Juga

 Sebelum mengaji Bersama di pedestrian Malioboro, para peserta sengaja mengaji  di dalam angkutan umum seperti Bus Transjogja dan Kereta Commuter Line, dilanjutkan dengan dengan mannequin Challenge dengan memegang mushaf Alquran yang menarik banyak perhatian para pengguna jalan di sana.

Tidak kalah menarik dengan Jogja mengaji, di Bekasi juga diselenggarakan Bekasi mengaji dengan berpusat di Islamic Center Bekasi. Berkolaborasi dengan ICMI dan lembaga Islam lainnya di Bekasi, BWA turut mendistribusikan mushaf Alquran sebanyak 2.500 mushaf untuk dibagikan kepada warga Bekasi. 

Ketua panitia Bekasi Mengaji 2 H. Faisal N.A. Moeliza mengatakan, “Bekasi Mengaji 2” diikuti sekitar 2500 peserta. Berasal dari umat Muslim dan berbagai organisasi keagamaan di Bekasi.

Faisal menyebutkan, program “Bekasi Mengaji 2” merupakan kelanjutan dari program serupa tahun lalu. “Jika tahun lalu hanya diikuti sekitar 1.500 peserta, maka tahun ini meningkat menjadi 2.500 -3.000 peserta. Melihat antusiasme umat Muslim Bekasi, kami merencanakan program Bekasi Mengaji ini menjadi agenda rutin tahunan,” tambahnya

Selain Jogja dan Bekasi, BWA juga menggelar kegiatan Depok Mengaji di Alun-alun Depok pada Ahad, 19 Maret 2023. Melibatkan ratusan warga Depok, BWA juga membagikan Alquran sebanyak 500 mushaf sekaligus mengajak warga untuk membacanya.

“Kegiatan Jogja Mengaji, Bekasi Mengaji dan Depok Mengaji ini adalah cara BWA untuk mengajak masyarakat untuk lebih gemar lagi membaca Alquran sekalipun di tempat-tempat umum, asalkan bersih dari Najis,” ungkap Heru Binawan selaku Chief Executive Officer BWA.