Jumat 17 Mar 2023 23:39 WIB

Ben Affleck Ungkap Alasannya Hindari Kerja Bareng Matt Damon

Ben Affleck berteman dekat dengan Matt Damon sejak lama.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Persahabatan antara Matt Damon dan Ben Affleck telah terjalin selama 40 tahun. Keduanya mendirikan perusahaan produksi, Artists Equity.
Foto: EPA
Persahabatan antara Matt Damon dan Ben Affleck telah terjalin selama 40 tahun. Keduanya mendirikan perusahaan produksi, Artists Equity.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ben Affleck memberikan penjelasan tentang alasannya menghindari bekerja dengan teman lamanya, Matt Damon. Bertahun-tahun setelah sukses meraih Oscar untuk Good Will Hunting (1998), mereka belum bertemu dalam satu produksi lagi.

"Salah satu hal yang kami renungkan ketika kami mengerjakan The Last Duel yang menyebabkan kami ingin melakukan produksi ini bersama adalah kenyataan bahwa kami berharap dapat terus bekerja sama selama bertahun-tahun," kata Affleck dalam sebuah wawancara terbaru dengan The Hollywood Reporter.

Baca Juga

"Kami menjadi mangsa gagasan, 'Jika kalian tidak menentukan karier kalian dan melakukan hal-hal sendiri, orang akan selalu mengasosiasikan kalian bersama. Itu akan membatasi'. Itu saran yang kami terima," kata dia.

Affleck dan Damon memang muncul dalam beberapa film bersama selama bertahun-tahun, bahkan membuat serial HBO Project Greenlight bersama-sama. Tapi, setelah Good Will Hunting mereka tidak lagi berkolaborasi selama beberapa waktu, sampai akhirnya mereka muncul bersama di serial karya Ridley Scott The Last Duel pada 2021.

 

Affleck juga menceritakan motivasi di balik pembuatan Good Will Hunting. Mereka didapuk sebagai pemeran utama sehingga bisa mendapatkan pekerjaan sebagai aktor, dan bukan karena ingin menjadi penulis.

"Jadi ketika kami menjadi sukses dan memiliki kesempatan untuk membuat film, kami mengambilnya," ujar dia.

Bagi Affleck, sangat sulit untuk melepaskan mentalitas "demi sesuap nasi" yang dimiliki sebagai seorang aktor. "Telepon bisa berhenti berdering kapan saja, terutama di mana Matt dan saya tumbuh di lingkungan cukup sederhana. Hampir tidak ada tanggung jawab untuk menolak pekerjaan yang memberi banyak uang," kata Affleck.

Bintang Justice League itu merenungkan pendapatannya yang setara dengan 20 tahun gaji ibunya yang merupakan guru sekolah umum. "Sepertinya akan tidak masuk akal bahwa kita akan melewatkan kesempatan itu, tidak peduli apa pun itu," ucap Affleck yang terkenal sebagai pemeran Batman itu.

Affleck juga merenungkan pentingnya persahabatan dengan Damon yang sudah berjalan selama hampir 40 tahun yang juga penuh ujian. Ia mengaku percaya dan dan mencintai Damon, karena sahabatnya itu orang yang berintegritas.

Saat ini, Affleck dan Damon telah mendirikan perusahaan produksi baru, Artists Equity. Film pertama dari perusahaan mereka, Air, bercerita tentang Nike menandatangani legenda NBA Michael Jordan, untuk kesepakatan sepatu kets yang akan mengubah bisnis dan budaya populer.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement