Rabu 15 Mar 2023 16:32 WIB

Maskapai Saudia, Qatar, dan Etihad Sediakan Mushala di Pesawat

Area sholat tersebut juga dilengkapi tirai untuk privasi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, Saudia, menyediakan ruang sholat atau mushala di dalam pesawatnya. Maskapai Saudia, Qatar, dan Etihad Sediakan Mushala di Pesawat
Foto: Saudi Moments
Maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, Saudia, menyediakan ruang sholat atau mushala di dalam pesawatnya. Maskapai Saudia, Qatar, dan Etihad Sediakan Mushala di Pesawat

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Maskapai penerbangan kembali meningkatkan persaingan pelayanan penerbangan mereka dengan menawarkan fasilitas baru, yakni area khusus sholat. Bagi penumpang Muslim tentu saja ini kabar baik karena mereka tidak perlu lagi khawatir meninggalkan sholat lima waktu ketika harus melakukan perjalanan jauh.

Dilansir dari Saudi Moments, Rabu (15/3/2023), banyak maskapai penerbangan Timur Tengah menyediakan ruang sholat khusus untuk memberikan kesempatan kepada para pelancong melaksanakan sholat ketika sedang dalam penerbangan.

Baca Juga

Saudia

Maskapai penerbangan nasional Arab Saudi yang paling terkemuka ini menyediakan ruang shalat. Dengan sebagian besar basis penumpangnya merupakan populasi Muslim lokal di negara tersebut, ruang sholat dapat menjadi fitur yang menarik bagi penumpang.

Area sholat di maskapai Saudia ini terletak di bagian belakang badan pesawat. Area tersebut dibuat dengan menghilangkan sebagian kursi ekonomi di depan dapur terakhir. Di depan area sholat juga menampilkan tampilan yang menunjuk arah kiblat pada saat itu.

Pesawat yang lebih besar dapat menampung hingga 10 orang penumpang yang hendak sholat di lantai berkarpet itu. Area tersebut juga dilengkapi tirai untuk privasi.

Saudia adalah maskapai penerbangan yang paling menonjol untuk penggunaan ruangnya, tersedia di A330, 777, dan 787, ada maskapai penerbangan Timur Tengah lain yang juga menawarkan area tersebut.

Karena untuk membuat area sholat membutuhkan setidaknya enam-sembilan kursi, sebagian besar maskapai penerbangan tidak terlalu bersemangat untuk kehilangan pendapatan mereka. Ini menjelaskan mengapa Emirates dan Qatar Airways tidak memiliki area salat bahkan pada A380 terbesar mereka, dikombinasikan dengan sifat penumpang mereka yang lebih global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement