Senin 13 Mar 2023 19:01 WIB

6 Aktivitas Ini Berbahaya, Dokter Larang Anaknya Melakukannya

Sejumlah aktivitas sehari-hari ada yang dapat membahayakan kesehatan-nyawa anak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah anak bermain wahana trampolin. Menurut dokter, trampolin tidak cocok untuk anak di bawah enam tahun. Semua anak harus diawasi saat berada di trampolin.
Foto:

4. Berenang sendirian

Para ahli medis menyarankan agar para orang tua mengajari anaknya berenang sedini mungkin untuk meminimalisir risiko tenggelam. Di sisi lain, kalaupun anak sudah tahu cara berenang, orang tua tetap tidak boleh membiarkan anak berenang sendirian. Anak tetap harus selalu diawasi saat berenang.

5. Berkendara tanpa helm

"Saya tidak membiarkan anak-anak saya mengendarai apa pun dengan roda tanpa memakai helm," kata Dr Katie.

Itu termasuk untuk sepeda, skuter, skateboard, sepatu roda, dan hoverboard. Anak-anak memiliki kepala besar yang tidak proporsional dibandingkan dengan tubuh mereka. Dibandingkan orang dewasa, mereka jadi lebih mungkin jatuh dan mengakibatkan kepala terbentur.

6. Sembarangan mencium binatang

Anak-anak mungkin merasa lebih percaya diri mendekati binatang karena memiliki hewan peliharaan sendri di rumah. Tetapi, Dr Brent menyarankan untuk mengajari anak-anak tentang batasan dengan hewan.

Misalnya, anak tidak boleh mencium atau memeluk anjing apapun, meskipun mereka kerap melakukannya pada peliharaan sendiri. Dr Ee mengatakan salah satu jenis cedera paling umum adalah gigitan di bagian wajah anak yang berasal dari binatang.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement