Jumat 10 Mar 2023 16:32 WIB

WhatsApp Segera Rilis Fitur Grup Kedaluwarsa, iPhone Uji Coba Lebih Dulu

Fitur ini bisa digunakan oleh pengguna iPhone dan Android.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp akan mengizinkan penggunanya untuk membuat grup yang bisa menghilang dalam waktu yang ditentukan./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp akan mengizinkan penggunanya untuk membuat grup yang bisa menghilang dalam waktu yang ditentukan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp dilaporkan akan membuat fitur mengizinkan para penggunanya untuk membuat grup percakapan yang bisa kedaluwarsa atau disappearing group. Menurut para ahli WhatsApp di WABetaInfo, aturan ini akan bisa dimanfaatkan oleh pengguna iPhone maupun Android.

Saat ini, pengguna WhatsApp di iPhone dan Android bisa mengaktifkan fitur hilang otomatis untuk menghapus pesan secara berkala. Ketika pengguna mengaktifkan pesan hilang otomatis, pengguna bisa mengaturnya untuk menghapus pesan setiap 24 jam, 7 hari, atau 90 hari setelah pesan tersebut dikirim.

Baca Juga

Kini, sebagai bagian dari pembaruan di masa mendatang, WhatsApp akan mengizinkan penggunanya untuk membuat grup yang bisa menghilang dalam waktu yang ditentukan. Secara khusus hal ini mungkin dapat dimanfaatkan untuk WhatsApp grup ulang tahun atau pesta tahun baru, yang sifatnya hanya sementara.

Melalui fitur ini, diharapkan pengguna bisa mengosongkan ruang penyimpanan dari hal-hal yang dinilai tidak terlalu penting. Dengan begitu, performa ponsel pun tidak akan menjadi lemot karena ruang penyimpanannya penuh.

Ketika fitur ini dirilis, pengguna iOS akan bisa mengklik dan mengatur obrolan grup untuk berakhir dalam satu hari, satu minggu, atau tanggal khusus. Pengguna juga dapat membatalkan keputusan mereka dan menghapus tanggal kedaluwarsa pada obrolan grup yang telah ditetapkan sebelumnya jika mereka berubah pikiran.

Sejauh ini belum jelas kapan fitur ini akan diuji coba pada perangkat Apple. Namun, menurut para ahli, seperti dilansir dari Express, Jumat (10/3/2023), pengguna iPhone akan menjajal fitur ini lebih dulu, setelah itu baru pengguna Android.

Bulan lalu, WhatsApp mengungkapkan bahwa mereka menambahkan beberapa fitur berguna yang akan membuat postingan di platform ini menjadi lebih interaktif dan lebih privat. Bagi mereka yang belum tahu, fungsi WhatsApp Status memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berbagi pembaruan dengan teman dan keluarga. Hal ini dapat mencakup foto, video, teks, dan GIF dengan setiap pembaruan yang akan hilang setelah 24 jam.

Sekarang, fungsi WhatsApp ini mendapatkan beberapa peningkatan besar yang mencakup kemampuan untuk membatasi kontak yang dapat melihat postingan dan menambahkan kemampuan untuk menyertakan pesan suara.

Pengguna juga akan dapat bereaksi terhadap pembaruan Status melalui emoji dan ada cara yang lebih mudah untuk melihat apakah seseorang baru saja menambahkan sesuatu ke Status mereka melalui Profil Rings. Ini akan muncul di sekitar foto profil kontak setiap kali pembaruan status dibagikan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement