Jumat 10 Mar 2023 12:02 WIB

Bersihkan Noda pada Gawai, Ini Cara yang Tepat

Gawai yang digunakan setiap hari bisa dengan mudah terpapar noda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Noda pada gawai bisa dibersihkan dengan mudah dengan melakukan beberapa trik sederhana./ilustrasi
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Noda pada gawai bisa dibersihkan dengan mudah dengan melakukan beberapa trik sederhana./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Gawai yang digunakan setiap hari bisa dengan mudah terpapar oleh berbagai kotoran yang meninggalkan noda. Kabar baiknya, noda pada gawai bisa dibersihkan dengan mudah dengan melakukan beberapa trik sederhana.

Mengingat gawai adalah perangkat elektronik, proses pembersihannya perlu dilakukan dengan benar agar gawai tak mengalami kerusakan. Berikut ini adalah trik yang perlu diperhatikan ketika membersihkan gawai, seperti dilansir GadgetsNow.

Baca Juga

Gunakan Kain atau Microfiber

Saat gunakan gawai, pastikan lap yang digunakan merupakan kain yang lembut dan bebas serat atau microfiber. Hindari penggunaan kain yang kasar, handuk, tisu kertas, atau lap lain yang serupa. Alasannya, lap atau kain bertekstur kasar bisa meninggalkan bekas gesekan dan bahkan goresan.

 

Hindari Menggosok Berlebihan

Saat membersihkan gawai, hindari aktivitas menggosok secara berlebihan. Menggosok gawai secara berlebih bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan gawai.

 

Jauhi Semprotan Aerosol dan Pemutih

Hindari penggunaan semprotan aerosol, pemutih, atau zat abrasif lain ketika membersihkan gawai. Pembersih lain yang juga sangat tak dianjurkan untuk membersihkan gawai adalah deterjen, termasuk cairan pembersih berbasis deterjen. Partikel deterjen bisa masuk ke dalam speaker atau celah lain pada gawai, lalu memicu keruskaan pada gawai.

 

Jangan Semprot Pembersih Langsung ke Gawai

Saat membersihkan gawai, jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih langsung ke permukaan gawai. Tindakan tersebut bisa menyebabkan gangguan pada layar atau fungsi lain pada gawai. Alih-alih menyemprotkannya langsung ke gawai, cairan pembersih bisa sedikit dilarutkan dengan air lalu disemprotkan ke  lap atau kain yang akan digunakan untuk membersihkan gawai. Pastikan proses menggosok gawai dilakukan dengan lembut. 

 

Cabut Semua Kabel

Hal lain yang harus dihindari oleh orang-orang adalah membersihkan gawai dalam kondisi gawai terhubung dengan aliran listrik, seperti kabel charger. Aktivitas ini bisa meningkatkan risiko terjadinya sengatan listrik.

 

Gunakan Plester

Sebelum pembersihan dilakukan, tutup semua lubang dan celah pada gawai dengan plester atau solatip. Hal ini pwnting dilakukan karena tak semua gawai memiliki fitur antiair atau waterproof. Banyk pula gawai yang rentan mengalami kerusakan akibat kondisi lembap. Risiko-risiko kerusakan ini bisa dihindari dengan menutup lubang atau celah pada gawai.

 

Tips untuk Headphone dan Earphone

Seperti halnya pada gawai, gunakan plester untuk menutup bagian vent dan tepian headphone atau earphone sebelum dibersihkan. Selanjutnya, semprotkan cairan antiseptik pada sapu tangan atau lap, lalu gunakan lap tersebut untuk menggosok seluruh area headphone atau earphone. Mengingat headphone cukup rentan, proses pembersihan juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat korek kuping yang telah dicelupkan pada cairan alkohol.

 

Tips untuk Jam Pintar

Untuk tali jam pintar yang terbuat dari silikon bisa dibersihkan dengan cara menggosokknya menggunakan alkohol. Bila tali jam pintar terbuat dari nilon, cairan pembersih yang digunakan sebaiknya berupa campuran air dan sedikit sabun. Untuk tali jam pintar yang terbuat dari logam, lakukan pembersihan menggunakan kain bebas serat yang telah diberikan cairan alkohol. Sedangkan untuk bagian badan atau jam pintarnya, pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan lap bebas serat dan sedikit cairan antiseptik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement