Sabtu 04 Mar 2023 14:03 WIB

Influencer Pembuatan Kue dari Semarang Tintin Rayner Umumkan Masuk Islam

Ia dituntun membaca syahadat oleh Ustadz Fenfen Effendi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Influencer atau pemengaruh di bidang pembuatan kue dan kuliner dari Semarang, Jawa Tengah Tintin Rayner (tengah) resmi menjadi mualaf. Influencer Pembuatan Kue dari Semarang Tintin Rayner Umumkan Masuk Islam
Foto: Instagram
Influencer atau pemengaruh di bidang pembuatan kue dan kuliner dari Semarang, Jawa Tengah Tintin Rayner (tengah) resmi menjadi mualaf. Influencer Pembuatan Kue dari Semarang Tintin Rayner Umumkan Masuk Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi masyarakat yang menyukai dunia baking atau pembuatan kue pasti tidak asing dengan nama Tintin Rayner. Wanita dengan nama asli Kristin Yuliana Santosa ini menyatakan diri resmi masuk Islam atau menjadi mualaf sejak 2 Maret 2023 di Jakarta.

"Setelah lima tahun struggle nggak sangka banget dapat izin dari separuh keluarga juga. Nggak sabar banget menjalani puasa pertama nanti.. Finally... Thank you Allah," tulis dia di salah satu unggahan Instagram miliknya @Tintinrayner_athome, dikutip Republika.co.id, Sabtu (4/3/2023).

Baca Juga

Dalam postingan dengan gambar surat resmi ia pindah agama tersebut, ia menyebut mendapat bimbingan dari Deny Sanusi Zhang PITI Indonesia dan Ustadz Fenfen Effendi. Adapun pihak yang menuntun ia membaca dua kalimat syahadat adalah Ustadz Effendi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by tintinrayner_athome (@tintinrayner_athome)

Masih di akun yang sama, ia membuat story yang menunjukkan setelah mengumumkan ia mualaf, pengikutnya yang semula 133 ribu turun. Hal yang sama juga terlihat di akunnya yang lain, seperti @tintinrayner. Namun ia sama sekali tidak masalah akan hal itu.

Di akun @tintinrayner, ia menyanggah jika masuk Islam karena ingin menikah lagi. Ia tidak pernah main-main jika menyangkut masalah agama.

"Saya nggak mau ganti agama hanya baut formalitas dan saya sudah ingin pindah Muslim lima tahun lalu," tulisnya.

Tintin sendiri merupakan seorang pengusaha dan penikmat di bidang kuliner. Ia tidak pernah sekolah atau mengikuti kelas khusus kuliner kue atau baking. Semua ini ia pelajari sendiri karena merasa suka (hobi). 

Dari buku-buku resep yang ia baca, ia merasa memiliki kesukaan dan terinspirasi untuk mempraktikkannya. Lambat laun, ia pun tergerak membagikan kreasinya di Instagram, setelah melihat teman-temannya yang lain.

Dalam satu minggu pertama, ia sudah memiliki 10 ribu pengikut. Hal ini membaut ia bersemangat untuk terus berbagi, bahkan membukukan sendiri resep miliknya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement