Rabu 01 Mar 2023 15:00 WIB

SMA di NTT Masuk Sekolah Pukul 5 Pagi, Berikut Perbandingan Jam Sekolah dengan Negara Lain

Jam masuk sekolah di Finlandia dimulai dari jam 09.00 atau 09.45.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Jam masuk sekolah (ilustrasi). Siswa SMA/SMK di NTT diusulkan masuk pukul 05.00 Wita. Setiap negara memiliki jam masuk sekolah yang berbeda-beda.
Foto: www.freepik.com
Jam masuk sekolah (ilustrasi). Siswa SMA/SMK di NTT diusulkan masuk pukul 05.00 Wita. Setiap negara memiliki jam masuk sekolah yang berbeda-beda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jadwal sekolah telah beberapa kali menjadi perdebatan di antara dunia pendidikan, mulai dari guru, orang tua, hingga instansi terkait. Yang terbaru adalah munculnya usulan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, agar siswa SMA/SMK di sana masuk sekolah pukul 05.00 Wita. 

Belum semua sekolah SMA/SMK di NTT menerapkan jadwal masuk pukul 05.00 Wita, baru ada beberapa saja. Pertanyaannya kemudian, apakah anak-anak harus bangun sepagi itu? Jadwal masuk sekolah sangat bervariasi di berbagai negara.

Baca Juga

Berikut jam masuk sekolah di berbagai negara, seperti dikutip dari laman teachstarter, Rabu (1/3/2023):

1. Finlandia

Pendidikan di Finlandia berada di posisi nomor tiga terbaik di dunia. Biasanya, hari sekolah di Finlandia dimulai dari jam 09.00 atau 09.45.

Siswa hanya menghabiskan sekitar lima jam sehari di kelas. Siswa Finlandia umumnya memiliki sedikit atau tanpa pekerjaan rumah (PR).

Sementara itu, guru Finlandia menghabiskan waktu jauh lebih sedikit di sekolah dibandingkan guru di Amerika. Pendidik di Finlandia diharuskan untuk mendapatkan gelar master, dengan biaya kuliah ditanggung oleh pemerintah.

2. Australia

Sekolah di Australia biasanya berlangsung dari Senin hingga Jumat, dari pukul 08.30 atau jam 09.00. Jam sekolah selesai pukul 15.00 sampai jam 15.30, tetapi itu masih dalam perdebatan sampai sekarang.

3. Brasil

Pelajar Brasil diharuskan untuk menghabiskan 200 hari di sekolah, menurut informasi dari Undang-Undang Dasar dan Pedoman Pendidikan Nasional Pendidikan Brasil. Banyak anak hanya bersekolah selama empat jam per hari, pada shift pagi atau sore. Guru di sana sering mengambil pekerjaan ganda untuk menerima gaji penuh waktu. Sekolah hanya diwajibkan untuk anak-anak dari usia tujuh hingga 14 tahun.

4. Italia

Pendidikan wajib di Italia dimulai pada usia enam tahun dan berlangsung hingga usia 16 tahun, di mana sekolah biasanya berlangsung sekitar pukul 08.00 hingga 13.30, termasuk lima jam pelajaran akademik dan istirahat makan siang.

5. China

China terkenal dengan sistem pendidikannya yang ketat, tetapi seperti banyak negara besar lainnya, jadwal sekolahnya bervariasi tergantung di mana siswa tinggal. Di kota-kota besar seperti Shanghai, misalnya, mahasiswa China menghabiskan waktu dari jam 08.00 pagi sampai jam 15.00.

6. Rusia

Anak-anak Rusia menghabiskan sekitar setengah jumlah waktu di sekolah dibandingkan anak-anak Amerika. Pusat Penelitian Pew memperkirakan siswa sekolah dasar Rusia menghabiskan 470 jam di kelas selama tahun sekolah, dibandingkan dengan 990 jam yang dibutuhkan di 35 negara bagian Amerika. Jadwal sekolah Rusia diperpanjang dari Senin hingga Jumat di sebagian besar tempat, dengan anak-anak biasanya hadir dari sekitar pukul 08.00 hingga 13.00 atau 14.00.

7. Prancis

Anak sekolah Prancis mendapat libur setengah hari pada Rabu untuk menikmati waktu istirahat menyenangkan dalam jadwal sekolah mereka. Kemudian anak-anak Prancis wajib bersekolah dari usia tiga hingga 16 tahun di lembaga pendidikan gratis. Sekolah Prancis juga cenderung memiliki ukuran kelas yang besar, dengan hanya satu guru di kelas dan 30 anak.

Baca juga : Anak SMA Masuk Sekolah Pukul 05.00, P2G Singgung Masalah Esensial Pendidikan NTT

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement