Senin 27 Feb 2023 09:21 WIB

Penyakit Ginjal Kronis Bisa Dicegah, Ini Hal yang Bisa Dilakukan

Penyakit ginjal kronis membutuhkan biaya cukup besar dalam pengobatan.

Pengobatan untuk penyakit ginjal kronis membutuhkan biaya yang cukup besar.
Foto: www.freepik.com.
Pengobatan untuk penyakit ginjal kronis membutuhkan biaya yang cukup besar.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi (SpPD-KGH) RSUP M Djamil Padang, Sumatera Barat, menilai, penyakit ginjal kronis bisa dicegah dengan deteksi dini melalui pemeriksaan rutin di fasilitas kesehatan. Dengan deteksi dini, maka penatalaksanaan penanganan bisa lebih baik.

Namun, kepedulian masyarakat untuk melakukan hal itu di Indonesia termasuk di Sumbar masih sangat rendah. Padahal pengobatan untuk penyakit ginjal kronis membutuhkan biaya yang cukup besar. 

Baca Juga

"Menilik data, penyakit ginjal merupakan salah satu komponen pembiayaan terbesar yang harus ditanggung oleh BPJS Kesehatan," ujarnya, usai memberikan materi dalam 'Seminar Nasional dengan tema Mengenal Penyakit Ginjal Kronis' yang digelar jaringan laboratorium klinik Prodia di Padang, Ahad (26/2/2023).

"Rata-rata masyarakat datang ke fasilitas kesehatan bila sudah merasakan gejala penyakit ginjal. Dan itu biasanya sudah kronis. Jarang sekali yang datang untuk pemeriksaan rutin sebagai upaya pencegahan," tambahnya.

 

Ia berharap, ke depannya kesadaran masyarakat akan tergugah sehingga penyakit-penyakit kronis bisa diantisipasi sejak awal sehingga kasusnya bisa ditekan.

Dokter Deka Viotra SpPD-KGH, juga mengatakan, banyak informasi tentang mitos dan fakta tentang ginjal. Padahal, penyakit ginjal bisa dideteksi dengan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

"Ada yang berpikir bahwa bila merasa sakit pinggang itu adalah sakit ginjal, tapi itu hanya mitos. Demikian juga pendapat jika menderita penyakit seperti darah tinggi yang meminum obat akan mengurangi fungsi ginjal. Itu juga tidak betul," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement