Senin 27 Feb 2023 00:17 WIB

Kebakaran Besar Landa Permukiman Warga Madura di Petojo, Jakpus

Diduga ratusan rumah di Jalan Tanah Abang V, Gambir, habis dilalap si jago merah.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah warga menyaksikan kebakaran permukiman di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Ahad (26/2/2023).
Foto: . ANTARA FOTO/Fauzan
Sejumlah warga menyaksikan kebakaran permukiman di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Ahad (26/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Insiden kebakaran besar melanda permukiman di Jalan Tanah Abang V, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Ahad (26/2/2023) petang WIB. Diduga ratusan rumah habis dilalap si jago merah.

Pantauan Republika.co.id di lokasi sekitar pukul 17.59 WIB, asap hitam pekat tampak membumbung hingga ke langit. Api berwarna merah terang meluluhlantakkan rumah-rumah warga, hingga pepohonan yang ada di sekitarnya.

Kondisi warga chaos dan panik menyelamatkan diri dan sejumlah barang miliknya. Beberapa di antara mereka lari ketakutan sambil menangis, dan ada pula ibu-ibu yang tampak jatuh pingsan.

Sejumlah unit mobil pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi sekitar pukul 18.00 WIB. Namun, armada damkar mengalami kendala karena jalan menuju lokasi terbilang sempit sehingga cukup sulit dilewati. Alhasil, bantuan pemadaman masih sangat minim.

Salah seorang warga di lokasi, Alam (48 tahun) mengatakan, kejadian kebakaran terjadi pada sekira pukul 17.25 WIB. Pada saat itu, api tiba-tiba langsung merambat ke banyak rumah warga dan membesar hingga menghasilkan asap hitam pekat yang membumbung tinggi.

"Jam 17.25 WIB sudah tebal asapnya. Apinya juga merambat dengan cepat ke rumah warga," kata Alam saat ditemui Republika.co.id di TKP, Ahad .

Dia menuturkan, lokasi kebakaran merupakan wilayah yang ditempati kebanyakan oleh warga asal Madura, Jawa Timur. Kondisi tempat tinggalnya pun terbuat dari tripleks, sehingga mudah dilalap api. "Ratusan rumah diperkirakan yang terbakar. Kebanyakan warga Madura. Itu wilayah tanah bekas Pertamina," ungkapnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement