Kamis 23 Feb 2023 16:00 WIB

JK Rowling Ungkap Mantan Suaminya Pernah Menyandera Naskah Novel Harry Potter

JK Rowling dan Jorge Arantes berpisah pada 1995.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penulis Harry Potter, JK Rowling. Rowling menyebut mantan suaminya pernah menyandera naskah Harry Potter.
Foto: EPA/ANDY RAIN
Penulis Harry Potter, JK Rowling. Rowling menyebut mantan suaminya pernah menyandera naskah Harry Potter.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penulis kenamaan JK Rowling mengatakan bahwa mantan suaminya, Jorge Arantes, pernah menyandera naskah novel Harry Potter edisi pertama. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk membuat Rowling tidak menggugat cerai.

Rowling dan Arantes yang merupakan mantan jurnalis TV asal Portugal, menikah dari tahun 1992 hingga 1995 dan memiliki seorang putri bernama Jessica (27 tahun). Pada masa itu, Rowling menyelematkan naskah Harry Potter dengan menyelundupkannya setiap keluar rumah.

Baca Juga

"Aku khawatir karena suatu momen dia pernah mengambil naskah itu dan menyembunyikannya dari aku. Itu dijadikan sandera, karena dia tahu betapa berharganya tulisan itu," kata Rowling saat berbincang dalam siniar The Witch Trials of JK Rowling, seperti dilansir Aceshowbiz, Kamis (23/2/2023).

Rowling yang ini memiliki sekitar 850 juta poundsterling atau sekitar Rp 15,5 triliun berkat waralaba buku dan film Harry Potter, menceritakan awal mula ia mulai membawa naskah ke tempat kerja.

"Hanya beberapa saja yang aku bawa agar dia (Jorge) tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang hilang, dan aku akan memfotokopinya sampai lama kelamaan naskah yang disimpan di lemari staf semakin banyak," kata Rowling.

Rowling juga mengatakan bahwa selain buah hatinya, naskah Harry Potter adalah hal yang diprioritaskan untuk diselamatkan. Ia menegaskan bahwa naskah itu sangat berharga baginya.

Sebelumnya, Rowling telah berbicara tentang pernikahannya dengan Jorge, yang ia temui di sebuah bar saat ia mengajar di negara asalnya, Portugal. Ia mempublikasikan rincian hubungan mereka dalam sebuah esai pribadi yang diterbitkan pada 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement