Rabu 22 Feb 2023 20:26 WIB

Film Missing Padukan Genre Thriller dan Screenlife

Genre screenlife menjadi populer seiring dengan perkembangan internet.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Storm Reid berperan sebagai June Allen di film Missing. Sinema thriller ini tayang mulai 22 Februari 2023 di bioskop Indonesia.
Foto: Dok Columbia Pictures/Sony Pictures Releasing
Aktris Storm Reid berperan sebagai June Allen di film Missing. Sinema thriller ini tayang mulai 22 Februari 2023 di bioskop Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Missing sudah tayang di bioskop Indonesia mulai 22 Februari 2023. Genre yang diusung cukup menarik, yakni gabungan antara thriller dan screenlife.

Genre screenlife menjadi populer sejak 2010-an dengan dampak pertumbuhan internet. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan genre screenlife atau film layar komputer?

Baca Juga

Genre itu mencakup gaya bercerita visual di mana semua peristiwa ditampilkan di layar, baik itu layar komputer, laptop, tablet, smartphone, maupun gawai lainnya. Menurut sineas bernama Timur Bekmambetov, sutradara dan produser asal Rusia-Kazakhstan, film screenlife harus dilakukan di satu layar tertentu, tidak boleh keluar dari layar.

Tampilan kamera film pun harus menyerupai kamera dari gawai, dan audionya berasal dari sana. Namun, ada juga film yang beralih antarlayar dan masih dikategorikan sebagai screenlife.

Sinema Missing menunjukkan kombinasi dari sejumlah layar, baik itu laptop, ponsel, kamera keamanan, maupun smartwatch. Namun, yang paling dominan adalah layar laptop.

Missing bercerita tentang June (Storm Reid) yang berusaha mencari keberadaan ibunya dengan bantuan teknologi. Ibu June, Grace Allen (Nia Long), hilang secara misterius setelah berlibur ke Kolombia bersama sang kekasih, Kevin (Ken Leung).

Sejak awal durasi, semua adegan sudah muncul di layar laptop. Baik itu video kilas balik di masa lampau, perbincangan June dengan ibu atau kawannya lewat FaceTime, atau ketika June mengakses sejumlah aplikasi, layanan pesan, atau mesin peramban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement