Senin 20 Feb 2023 03:15 WIB

Tanda Anda Sudah Mendapatkan Dokter yang Tepat

Banyak orang kesulitan menemukan dokter yang cocok.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Dokter memeriksa pasiennya. Sangat penting untuk mendapatkan dokter yang mau mendengarkan pasien dan mengomunikasikan rencana pengobatan dengan jelas kepada pasiennya.
Foto:

Dokter menerima keputusan Anda

Pasien dan dokter harus berkolaborasi untuk mengelola kesehatan pasien. Akan tetapi, pasien masih bisa melakukan riset sendiri dengan mencari pendapat banding (second opinion) dan sumber daring yang memiliki reputasi baik.

Pada akhirnya, pasien mungkin saja tidak setuju dengan dokternya terkait tindakan terbaik. Seorang dokter yang baik harus dapat memisahkan keputusan pribadi itu dari hubungan dokter-pasien.

"Jika Anda memutuskan untuk melakukan sesuatu atau tidak minum obat yang direkomendasikan, dokter Anda berkewajiban menerimanya tidak hanya secara etis, tetapi itu juga tidak boleh memengaruhi hubungan,” kata dr Wilson yang juga penulis buku How Medicine Works and When It Doesn't: Learning Who Trust to Get and Stay Healthy.

Dokter baru turun tangan jika itu menyangkut keselamatan Anda.

Satu-satunya pengecualian untuk poin di atas adalah ketika dokter meyakini Anda mungkin melakukan sesuatu yang benar-benar berbahaya.

"Tentu saja, mereka masih tidak bisa membuat Anda melakukan sesuatu, tetapi mereka mungkin lebih eksplisit menyatakan ketidaksetujuannya," ujar dr Wilson.

Ini bisa menjadi percakapan yang sulit untuk dilakukan, menurut dr Wilson. Akan tetapi, jika Anda memiliki dasar yang kuat, itu bukanlah percakapan yang perlu mengakhiri hubungan dokter-pasien.

"Itu sebenarnya dapat memperkuatnya."

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement