Kamis 16 Feb 2023 22:48 WIB

Mengenal Terowongan Cu Chi yang Buat Pasukan AS Kewalahan di Film Ambush

Pasukan AS harus menyusuri terowongan Cu Chi yang berbahaya di Perang Vietnam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Adegan dalam film Ambush. Labirin terowongan bawah tanah membawa kengerian tersendiri bagi tentara AS yang bertugas di Perang Vietnam.
Foto:

Perang di Terowongan Cu Chi

Selain menyediakan tempat berlindung bawah tanah, terowongan Cu Chi berperan penting selama operasi tempur, termasuk sebagai pangkalan serangan komunis. Tentara Viet Cong yang bersembunyi di terowongan memasang banyak jebakan untuk pasukan infanteri AS dan Vietnam Selatan.

photo
Adegan dalam film Ambush - (dok: Saban Films)

Viet Cong menanam kabel yang akan memicu granat atau menjungkirbalikkan kotak kalajengking dan ular berbisa ke kepala pasukan musuh. Untuk memerangi taktik gerilya ini, pasukan AS melatih beberapa tentara yang berfungsi sebagai "Tikus Terowongan".

Para prajurit ini biasanya bertubuh kecil. Mereka menghabiskan berjam-jam menjelajahi terowongan sempit dan gelap untuk mendeteksi jebakan dan mengintai pasukan musuh.

Setidaknya, 45 ribu pria dan wanita Vietnam tewas karena mempertahankan terowongan Cu Chi selama Perang Vietnam. Beberapa tahun setelah jatuhnya Saigon pada 1975, pemerintah Vietnam melestarikan terowongan Cu Chi dan memasukkannya ke dalam jaringan taman peringatan perang di seluruh negeri.

Pengunjung sekarang dapat merangkak melalui beberapa area terowongan yang lebih aman. Mereka juga dapat melihat pusat komando.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement