Ahad 22 Jan 2023 13:00 WIB

Sakit Kepala Jelang Serangan Strok, Rasanya Spesifik Seperti Ini

Strok dapat ditandai dengan sakit kepala dibarengi gejala lain.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala (ilustrasi). Sakit kepala parah dapat menjadi tanda strok.
Foto:

Sementara itu, sakit kepala migrain akan menghasilkan sensasi seperti berputar, lampu berkedip, atau kulit kesemutan. Sementara itu sakit kepala terkait strok menyebabkan sensasi hilang, seperti kehilangan penglihatan atau indra penglihatan tak berfungsi, menurut Premier Neurology Center.

photo
Deteksi gejala strok dengan metode FAST - (Republika)

Gejala utama strok bisa diingat dengan kata FAST (wajah, lengan, bicara, waktu). Pertama, jika wajah (Face dropping) mungkin lumpuh di satu sisi, orang tersebut mungkin tidak dapat tersenyum, atau mulut atau matanya mungkin lumpuh.

Kedua, orang dengan dugaan strok mungkin tidak dapat mengangkat kedua lengan (Arm weakness) karena kelemahan atau mati rasa di salah satu lengan. Ketiga, bicara (Speech difficulty) mereka mungkin tidak jelas atau kacau, atau orang itu mungkin tidak dapat berbicara sama sekali meskipun tampak sadar.

Mereka mungkin juga kesulitan memahami apa yang orang lain katakan kepada mereka. Keempat, saatnya menghubungi fasilitas medis segera jika melihat salah satu dari tanda atau gejala tersebut (Time).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement