Kamis 24 Nov 2022 15:01 WIB

Tata Kawasan Kebayoran Lama, Pemkot Jaksel Tambah Enam Taman

Penataan taman dilakukan di Grogol Utara, Simprug Golf, hingga Pondok Pinang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas PPSU merawat tanaman di Taman Bibit, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, Ahad (28/2/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas PPSU merawat tanaman di Taman Bibit, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, Ahad (28/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menambah taman guna penataan dan revitalisasi kawasan di Kecamatan Kebayoran Lama. "Kami di enam kelurahan sedang ada penataan kawasan Kebayoran Lama," kata Camat Kebayoran Lama, Iwan Santoso saat dihubungi di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Iwan mengatakan, pihaknya memilih memperbanyak taman di wilayahnya untuk mempercantik lingkungan, penghijauan, pengurangan polusi udara, dan ruang interaksi antar warga. Selain menambah jumlah taman, pihaknya juga melakukan penataan mulai dari merapikan rumput, memperbaiki jalan rusak, dan menyediakan tempat duduk.

Sejumlah lokasi yang dilakukan penataan taman, yakni Grogol Utara, Simprug Golf, dan Pondok Pinang. Selain itu, daerah Cipulir diadakan penataan trotoar untuk dijadikan lahan parkir bagi masyarakat umum. "Di Iskandar Muda kami sedang perbaikan saluran dan menambah mural, lalu di Jalan Baru kami ditambahkan taman untuk penghijauan," tuturnya.

Menurut Iwan, penataan kawasan merupakan bagian dari program Wali Kota Jaksel Munjirin dalam memperbaiki fasilitas, saran dan prasarana umum milik pemerintah di seluruh kelurahan. Tujuannya pembenahan tersebut agar seluruh fasilitas, sarana dan prasarana umum dapat dinikmati masyarakat.

Harapan Iwan, dengan adanya penataan kawasan ini masyarakat bisa merasa aman dan nyaman dengan sarana serta prasarana yang memadai. "Kalau rencana penataan kawasan selesai berkisar tiga bulanan dan kami kolaborasi dengan berbagai sektoral," tuturnya.

Sebelumnya, Pemkot Jaksel memperbaiki saluran ambruk kedalaman 60 sentimeter (cm) di Jalan Gedung Hijau Raya, Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama guna perbaikan fasilitas serta antisipasi banjir. "Penyebab ambruknya saluran tersebut diakibatkan dua sisi turap saluran yang dibangun dari batu kali ambles lantaran tanahnya terkikis air saat hujan," kata Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kebayoran Lama, Andriyansah, Jumat (18/11/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement