Selasa 15 Nov 2022 18:32 WIB

Pencinta Olimpiade Sains Peduli Bangsa Siap Wujudkan Indonesia Emas

POSPB adalah wadah bagi pencinta olimpiade sains untuk berbagi ilmu dan pengalaman

Tak bisa dipungkiri  pendidikan di Indonesia saat ini masih menjadi salah satu sektor dalam negeri yang membutuhkan perhatian khusus. Perlu adanya kesadaran dari para pemerhati pendidikan dan seluruh elemen masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Foto: istimewa
Tak bisa dipungkiri pendidikan di Indonesia saat ini masih menjadi salah satu sektor dalam negeri yang membutuhkan perhatian khusus. Perlu adanya kesadaran dari para pemerhati pendidikan dan seluruh elemen masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Tak bisa dipungkiri  pendidikan di Indonesia saat ini masih menjadi salah satu sektor dalam negeri yang membutuhkan perhatian khusus. Perlu adanya kesadaran dari para pemerhati pendidikan dan seluruh elemen masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Berangkat dari kecemasan akan pendidikan Indonesia di masa mendatang, 4 sahabat peduli bangsa, yakni Dr. Raden Ridwan Hasan Saputra, M.Si., Dr. Anton Wardaya, S.Si., M.Si., Dr. Al Azhari Masta, S.Si., M.Si., dan Hery Surtato, M.Pd., bertekad untuk memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan di Indonesia.

Baca Juga

Salah satu upaya yang dilakukan  4 sahabat peduli bangsa ini yaitu dengan mendirikan Pencinta Olimpiade Sains Peduli Bangsa, sebuah komunitas yang nantinya dapat menjadi wadah bagi para pencinta olimpiade Sains untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Kabar bahagianya, keempat sahabat peduli bangsa ini telah meresmikan POSPB dalam grand launching yang digelar pada Jumat, (11/11/2022). Menariknya, meski acara ini diselenggarakan secara daring, namun ratusan peserta dari berbagai kalangan masyarakat sangat antusias dan turut menjadi saksi kemeriahan peresmian POSPB.

Peresmian kegiatan POSPB ditandai dengan simbolis bunyi bel disertai slogan "Bersama Kita Peduli untuk Bangsa" yang dilontarkan Dr. Al Azhari Masta, S.Si., salah satu pencetus POSPB.

Di awal acara, Dr. Raden Ridwan Hasan Saputra, M.Si., mengungkapkan tujuan dibentuknya komunitas ini yaitu karena para pencetus POSPB ingin memberikan akses yang lebih mudah kepada seluruh anak dan guru di Indonesia untuk belajar materi Olimpiade Sains, meningkatkan kualitas pendidikan dan Olimpiade Sains di Indonesia, serta mewadahi pencinta Olimpiade Sains untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa, guru dan masyarakat umum.

Menariknya pada salah satu sesi, Dr. Anton Wardaya, S.Si., M.Si. mengungkapkan cerita menarik dan lika-liku di balik proses pembentukan POSPB."Sebelum pandemi kami sudah terpikir untuk membentuk komunitas seperti ini, hanya saja sempat tertunda karena beberapa hal. Namun kini di waktu yang tepat, puji tuhan sekarang niat baik ini sudah terlaksana dan kita dapat berkumpul dengan peserta dari berbagai daerah. Saya berharap komunitas ini dapat membangun siswa-siswi untuk mempersiapkan generasi emas," ungkap Anton Wardaya.

Kemeriahan grand launching rupanya tak sampai situ saja. Hery Surtato, M.Pd., mengungkapkan bahwa selama beberapa waktu ke depan, para pencetus POSPB akan menggelar Webinar Series dengan sejumlah tema menarik yang pastinya dinanti oleh para pencinta olimpiade.

Rangkaian Webinar Series akan dimulai pada 12 November 2022, dengan pemateri Dr. Raden Ridwan Hasan Saputra yang akan membahas seputar "Mengapa Olimpiade Itu Penting?" dan dilanjutkan dengan webinar "Beasiswa Indonesia Maju & Beasiswa Lainnya" dari Dr. Anton Wardaya yang akan dilaksanakan pada 13 November 2022. 

Webinar Series akan berlanjut di pekan berikutnya pada 19 November 2022, di mana Dr. Al Azhari Masta akan menyampaikan materi seputar "Math Series: Mengenal Lebih Dekat Aljabar di Kompetisi Matematika".

Nantinya rangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan Webinar bertajuk "Math Series: Menapaki Keindahan Geometri di Kompetisi Matematika" yang akan disampaikan oleh Hery Surtato M.Pd.

Bagi para pencinta olimpiade sains, jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti rangkaian Webinar Series dengan tema yang menarik dari para pelatih olimpiade terkemuka ini, ya!

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement