Sabtu 12 Nov 2022 06:27 WIB

Ahli Independen PBB Soroti Rasisme di Swedia

Swedia harus memperluas definisi keselamatan yang tidak hanya bergantung pada polisi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ahli Independen PBB Soroti Rasisme di Swedia (ilustrasi).
Foto: Pixabay
Ahli Independen PBB Soroti Rasisme di Swedia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GENEWA -- Sekelompok ahli independen yang ditunjuk Human Rights Council mendesak Swedia untuk meningkatkan upaya memerangi rasisme sistemik. Stockholm diminta untuk fokus pada strategi untuk memulihkan kepercayaan antara polisi dan kelompok minoritas.

Para ahli dalam memajukan keadilan dan kesetaraan rasial yang terdiri dari Tracie Keesee, Yvonne Mokgoro dan Juan Mendez mengadakan pertemuan dan melakukan wawancara di Stockholm, Malmo, dan Lund. Mereka mengumpulkan informasi tentang mengatasi diskriminasi rasial, memerangi rasisme sistemik dan struktural, penggunaan berlebihan kekerasan, serta pelanggaran hak asasi manusia lainnya oleh penegak hukum dan sistem peradilan pidana terhadap komunitas kulit berwarna.

Baca Juga

Selama kunjungan lima hari, para anggota Mekanisme Pakar Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bertemu dengan berbagai perwakilan. Mulai dari Kementerian Kehakiman, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Luar Negeri, Dewan Nasional untuk Pencegahan Kejahatan, Kantor Ombudsman Parlemen, dan Ombudsman Kesetaraan, anggota Otoritas Polisi Swedia, hingga Layanan Penjara dan Pengesahan Hakim.

Mereka juga bertemu dengan anggota Lembaga Hak Asasi Manusia Nasional Swedia, perwakilan masyarakat sipil, peneliti, akademisi dan masyarakat yang terkena dampak, serta anggota Otoritas Kepolisian Swedia. Keesee mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa dalam pertemuan mengangkat kekhawatiran seputar penanganan ketika berinteraksi dengan polisi di negara Nordik.

Keesee menekankan perlunya mengatasi perlakuan tidak setara terhadap kelompok minoritas oleh polisi. Pihak berwenang diharapkan mulai memahami sifat dari hubungan yang rusak antara penegak hukum dan masyarakat.

Penduduk Swedia dianggap memiliki kepercayaan pada polisi, tetapi sebagian besar kesaksian yang diterima dari anggota komunitas rasial berbicara tentang ketakutan akan kehadiran polisi yang menindas, profil rasial, dan pemberhentian serta  pencarian sewenang-wenang. "Swedia harus memperluas definisi keselamatan yang tidak hanya bergantung pada respons polisi. Polisi harus fokus pada strategi untuk memulihkan kepercayaan mereka di antara komunitas yang mereka layani, termasuk melalui diversifikasi stafnya untuk mencerminkan masyarakat multikultural Swedia yang sebenarnya," kata Keesee.

Penulis dan aktivis hak asasi manusia Alexandra Pascalidou mengatakan, tidak ada kepercayaan nyata antara minoritas dan kepolisian. Dia telah mencoba mengajar polisi Swedia pada banyak kesempatan tentang kejahatan kebencian dan rasisme.

Minoritas bahkan enggan untuk melaporkan serangan rasis ke polisi karena merasa tidak akan ada tindakan yang diambil. "Anda tahu, sayangnya, mereka benar, karena setiap kali saya melaporkan ancaman" (ditujukan pada diri saya sendiri), maksud saya, tidak ada yang benar-benar terjadi, ujar  Pascalidou.

Pascalidou menuduh Swedia memperlakukan minoritas seperti penjahat. "Kita semua adalah penjahat sampai kita membuktikan bahwa kita bukan penjahat, bahwa kita tidak bersalah," ujarnya.

Menurut jurnalis ini, kondisi itu adalah masalah besar di Swedia karena menstigmatisasi banyak orang. "Dan satu-satunya kesamaan yang kami miliki adalah bahwa kami memiliki latar belakang lain, atau kami terlihat berbeda, kami berbicara berbeda, nama kami berbeda atau apa pun, dan semua ini menyebabkan, tentu saja, rasisme,”  katanya.

Pascalidou berpikir bahwa perang melawan rasisme tidak benar-benar ada dalam agenda Swedia. “Tidak ada yang benar-benar membahasnya,” katanya meski berharap intervensi oleh PBB akan memulai diskusi. 

 

Sumber: https://www.aa.com.tr/en/politics/sweden-must-step-up-efforts-to-fight-systemic-racism-urge-un-experts/2735141

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement