Sabtu 05 Nov 2022 09:40 WIB

Milenial Nilai Erick Pantas Masuk Daftar 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

Erick Thohir masuk daftar 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Menteri BUMN, Erick Thohir.  Erick Thohir masuk daftar 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Menteri BUMN, Erick Thohir. Erick Thohir masuk daftar 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dinilai sangat tepat masuk sebagai salah seorang dari 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. 

Karena, menurut Koordinator Bidang Hubungan Antar Lembaga (HAL), Penggerak Milenial Indonesia (PMI), Taufik, Erick telah banyak memberi maslahat besar bagi umat. “Prestasi ini tentu layak diterima oleh Pak Erick, mengingat kontribusi dan kerja kerasnya selama menjadi Menteri BUMN mampu memberikan maslahat untuk kepentingan bangsa secara umum dan kepentingan umat secara khusus,” ujar Taufik dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (4/11/2022). 

Baca Juga

Lebih lanjut, Taufik juga menyebut Erick sebagai representasi anak muda yang namanya tergolong baru di antara beberapa nama tokoh lain asal Indonesia yang juga dikategorikan sebagai tokoh berpengaruh, seperti Presiden Jokowi, Habib Lutfi Bin Yahya, Yahya Staquf, Mustofa Bisri, hingga Prabowo Subianto.  

“Nama Pak Erick ini menjadi nama baru yang masuk ke dalam daftar 500 Muslim berpengaruh. Tokoh-tokoh lain asal Indonesia banyak yang masuk juga, tapi di antara nama-nama mereka, Pak Erick yang muda dan tergolong baru,” ucap Taufik. 

Dia pun mengutip data dari The Royal Islamic Strategic Studies Center yang menilai bahwa Erick banyak aktif dan berkontribusi di pelbagai lini, utamanya sebagai menteri, pebisnis, serta politisi. 

“Pak Erick ini selain mengabdi sebagai Menteri BUMN dia juga aktif sebagai anggota International Olympic Committee (IOC) yaitu Komite Olimpiade Dunia. Selain itu Pak Erick telah mendirikan Mahaka Group, konglomerasi yang fokus pada olahraga dan media hiburan, cetak, radio, dan televisi, serta banyak berkontribusi besar pada lingkungannya,” kata Taufik. 

Keaktifan Erick pada beberapa organisasi kegiatan keumatan juga dicatat Taufik sebagai salah satu faktor dari sukses dan berpengaruhnya Erick sebagai tokoh Muslim di dunia.  

“Pak Erick saat ini menjabat sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Organisasi ini bergerak untuk mengoptimalkan potensi ekonomi syariah Indonesia. Selain itu, beliau juga masuk sebagai anggota kehormatan Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang merupakan badan otonom Nahdlatul Ulama (NU). Kami menilainya ya sangat layak dan patut jika beliau diperhitungkan pengaruhnya,” jelas dia. 

Sebelumnya, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA) merilis daftar terbaru 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. Dari daftar tersebut, ada sejumlah tokoh dari Indonesia, seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Bahkan, dalam Top 50, ada tiga tokoh Indonesia yang masuk daftar. Mereka adalah Presiden Jokowi di urutan ke-13, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di urutan ke-19, dan Habib Lutfi bin Yahya di urutan ke-30. 

Tokoh Muslim lain dari Indonesia yang masuk dalam daftar muncul dalam bidang kategori keunggulannya. Misal, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang muncul dalam kategori politik dan Menteri BUMN Erick Thohir yang muncul dalam kategori bisnis atau pengusaha.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement