Kamis 20 Oct 2022 16:09 WIB

Studi Ungkap Jenis Obat Kumur yang Bisa Bunuh SARS-CoV-2 dalam Hitungan Menit

Tidak semua obat kumur bisa beri efek perlindungan terhadap SARS-CoV-2.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Obat kumur. Menurut studi terbaru dalam jurnal Scientific Reports, jenis obat kumur yang memiliki kemampuan untuk membunuh SARS-CoV-2 adalah yang memiliki kandungan cetylpyridinium chloride.
Foto:

Berdasarkan temuan ini, tim peneliti sedang mencari tahu bagaimana cara memanfaatkan obat kumur dengan CPC pada individu yang sudah terinfeksi dengan virus SARS-CoV-2. Selain studi yang dilakukan di Jepang ini, studi berbeda yang dilakukan oleh tim peneliti dari Cardiff University, Inggris, juga menunjukkan hal serupa.

Studi tersebut menemukan bahwa obat kumur bisa membunuh SARS-CoV-2 di air liur dengan efektivitas 99,8 persen. Studi ini dilakukan pada 27 pasien di rumah sakit dengan menggunakan empat jenis obat kumur. Sebagian besar dari obat kumur yang digunakan dalam studi ini juga mengandung cetylpyridinium chloride.

Hasil studi menunjukkan bahwa berkumur dengan mouthwash selama 30 detik sudah cukup untuk bisa mengeliminasi SARS-CoV-2. Sebanyak tiga dari tujuh liur pasien juga tak menunjukkan keberadaan virus SARS-CoV-2 hidup setelah berkumur satu kali.

Meski studi menunjukkan bahwa obat kumur bisa memberikan perlindungan, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa berkumur dengan mouthwash bisa digunakan sebagai obat bila sakit Covid-19 sudah terjadi. Alasannya, kegiatan berkumur dengan mouthwash tidak bisa mencapai saluran pernapasan atau paru-paru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement