Kamis 01 Sep 2022 13:33 WIB

Capstone NASA Mencapai Titik Terjauhnya dari Bumi

Capstone telah membuktikan dirinya sebagai pesawat luar angkasa yang tangguh.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Satelit bulan CAPSTONE yang mencari jalan mencapai puncaknya - titik terjauhnya dari Bumi
Foto: NASA
Satelit bulan CAPSTONE yang mencari jalan mencapai puncaknya - titik terjauhnya dari Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat ruang angkasa Capstone seberat 25 kilogram mencapai titik terjauhnya dari Bumi pada Jumat (26/8/2022) pada sore. Menurut Advanced Space, perusahaan yang berbasis di Colorado yang berbasis di Colorado yang mengoperasikan misi untuk Badan Antariksa Amerika (NASA), titik terjauhnya mencapai 951.908 mil (1.531.948 kilometer).

Dilansir dari Space, Rabu (31/8/2022), Capstone (kependekan dari “Cislunar Autonomous Positioning System Technology Operations and Navigation Experiment”) diluncurkan di atas pendorong Rocket Lab Electron pada 28 Juni. Probe berukuran oven microwave mengambil rute memutar yang sangat hemat bahan bakar ke bulan, di mana ia berada diharapkan tiba pada 13 November.

Baca Juga

Pada tanggal itu, Capstone akan meluncur ke orbit lingkaran halo dekat (NRHO) di sekitar tetangga terdekat Bumi - jalur yang sangat elips yang sama yang akan digunakan oleh Gateway, stasiun luar angkasa yang direncanakan yang merupakan bagian integral dari program bulan Artemis NASA.

Tidak ada pesawat ruang angkasa yang pernah menempati NRHO bulan sebelumnya, jadi Capstone akan memeriksa stabilitasnya dan karakteristik lainnya sebelum perakitan Gateway di sana. Cubesat juga akan melakukan beberapa tes navigasi dan komunikasi selama enam bulan yang direncanakan di bulan, beberapa di antaranya bersama dengan Lunar Reconnaissance Orbiter NASA.

Capstone telah membuktikan dirinya sebagai pesawat luar angkasa yang tangguh. Cubesat menjadi gelap tak lama setelah dikerahkan dari bus Foton Rocket Lab pada 4 Juli, tetapi anggota tim misi berhasil membangun kembali kontak sehari kemudian. Keluar singkat disebabkan oleh perintah yang tidak diformat dengan benar, kata anggota tim Capstone.

Capstone bukan satu-satunya aksi Artemis yang diikuti penggemar luar angkasa akhir-akhir ini. NASA bertujuan untuk meluncurkan Artemis 1, misi resmi pertama dari program ambisius tersebut, pada Senin (29/8/2022) pagi tetapi membatalkan upaya tersebut karena masalah teknis.

Artemis 1 akan menggunakan megaroket Space Launch System (SLS) NASA yang baru untuk meluncurkan kapsul Orion dalam perjalanan enam minggu ke orbit bulan dan kembali. Kesalahan yang membatalkan rencana peluncuran Senin adalah masalah pendinginan dengan salah satu dari empat mesin RS-25 di tahap inti SLS.

Tim Artemis 1 masih menyelidiki masalah ini dan belum mengumumkan target tanggal peluncuran baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement