Kamis 21 Jul 2022 14:56 WIB

Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang Hadirkan Operasi LASIK Ekonomis

LASIK di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang tidak memerlukan rawat inap.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Peresmian layanan operasi LASIK ekonomis di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang.
Foto: Dokumen
Peresmian layanan operasi LASIK ekonomis di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang menghadirkan paket operasi LASIK. Layanan ini diresmikan Ketua Klinik, dr Rinanto Prabowo, Ketua Umum Yayasan YAP Prawirohusodo, GBPH Prabukusumo, didampingi Ketua DPRD Magelang, Budi Prayitno.

LASIK atau Laser-Assisted in Situ Keratomileusis merupakan salah satu prosedur bedah refraksi untuk memperbaiki tajam penglihatan seseorang. Mengubah bentuk (membentuk kembali) kornea agar pasien tidak perlu memakai kacamata atau lensa.

LASIK dapat memperbaiki kelainan refraksi mata seperti mata minus (rabun jauh), plus (rabun dekat) atau silinder. Data World Health Organization (WHO) 2010, ada setidaknya 285 juta orang yang menderita gangguan penglihatan di seluruh dunia.

Angka ini mencapai 4,24 persen dari total populasi dunia. Berdasarkan World Report on Vision pada 2019, diperkirakan secara global terdapat kurang lebih, 2,2 miliar penduduk yang mengalami gangguan penglihatan dan/atau kebutaan.

Ketua Klinik, dr Rinanto Prabowo mengatakan, layanan LASIK di Klinik Utama Mata Dr YAP merupakan yang pertama di Magelang. LASIK di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang menggunakan teknologi yang sama dengan di RS Mata Dr YAP Yogyakarta. "Yaitu, wavefront guided yang terbukti memberi hasil konsisten serta ketepatan tinggi," kata Rinanto, Kamis (21/7/2022).

Layanan LASIK di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang dilakukan dengan cara mengupas lapisan luar kornea (epitel), kemudian menipiskan lapisan stroma dengan sinar laser. Lapisan luar kornea akan kembali tumbuh dalam beberapa hari.

Operasi LASIK tidak lebih 15 menit per mata dengan paparan laser tidak lebih 30 detik. Saat operasi, pasien tetap sadar karena tindakan dilakukan dengan bius lokal. LASIK di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang tidak memerlukan rawat inap. "Setelah operasi, pasien bisa pulang," ujarnya.

LASIK di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang memiliki efek samping dan komplikasi flap yang sangat kecil. Sehingga, aman dan cocok bagi calon taruna/i, atlet, sekolah kedinasan, dan siapa saja yang memiliki gaya hidup dinamis serta modern.

Namun, biaya LASIK terbilang tidak murah dan masih belum dijamin asuransi swasta maupun BPJS Kesehatan. Kondisi inilah yang mendorong Klinik Utama Mata Dr YAP menghadirkan paket operasi LASIK yang diharap bisa dimanfaatkan masyarakat luas.

Biaya paket operasi LASIK di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang mulai Rp 9 juta untuk satu mata dan Rp 17 juta untuk dua mata. Rinanto menekankan, kehadiran layanan LASIK memang merupakan salah satu usaha memperbaiki tajam penglihatan.

Untuk itu, Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang berkomitmen memberikan pelayanan LASIK terbaik dengan biaya yang relatif ekonomis. Keamanan dan kenyamanan pasien LASIK merupakan prioritas dengan hadirnya teknologi LASIK yang sudah terbukti.

"Serta, dilaksanakan tenaga-tenaga medis berpengalaman. Bebas dari kaca mata dan raih mimpi mulai dari LASIK di Klinik Utama Mata Dr YAP Magelang," kata Rinanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement