Ahad 17 Jul 2022 20:43 WIB

Virgin Galactic Bakal Buat Pesawat untuk Wisata Luar Angkasa di Arizona

Situs di Arizona akan memproduksi 6 unit pesawat setiap tahun.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Miliarder Inggris Richard Branson berhasil terbang ke luar angkasa dengan Virgin Galactic.
Foto: new york magazine
Miliarder Inggris Richard Branson berhasil terbang ke luar angkasa dengan Virgin Galactic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sektor kedirgantaraan Arizona mengalami pertumbuhan yang signifikan. Virgin Galactic, perusahaan yang menawarkan perjalanan ruang angkasa suborbital, menyatakan pada hari Kamis (14/7/2022), bahwa fasilitas manufaktur di Mesa, pinggiran kota Phoenix, akan digunakan untuk membangun pesawat ruang angkasa kelas Delta yang akan datang.

Situs yang baru disewa akan memproduksi satu set pesawat pengangkut baru untuk pesawat ruang angkasa Delta. Lokasi ini dapat menghasilkan hingga enam pesawat ruang angkasa dalam setahun dan menciptakan ratusan pekerjaan di lingkungan itu.

Baca Juga

Fasilitas yang dekat dengan Bandara Phoenix-Mesa Gateway, sedang dibangun dan akan beroperasi pada tahun 2023, menurut pernyataan Virgin Galactic.

"Pabrik perakitan akhir pesawat ruang angkasa kami adalah kunci untuk mempercepat produksi armada Delta kami, memungkinkan peningkatan pesat dalam kapasitas penerbangan yang akan mendorong pertumbuhan pendapatan kami," kata CEO Virgin Galactic Michael Colglazier.

Virgin Galactic berencana untuk menggunakan dua kapal induk baru dan armada pesawat ruang angkasa Delta yang berkembang untuk meluncurkan hingga 400 misi suborbital setiap tahun. Pesawat ruang angkasa kelas Delta, menurut perusahaan, harus siap untuk mulai membawa penumpang berbayar pada 2026. 

Richard Branson, founder perusahaan telah melakukan penerbangan di pesawat ruang angkasa VSS Unity Virgin Galactic pada tahun lalu menggunakan pengangkut VMS Eve.

Namun sejak itu, Virgin Galactic belum meluncurkan misi. Unity dan Eve, satu-satunya pesawat ruang angkasa dan pesawat pengangkut yang beroperasi, masing-masing, dalam armada Virgin Galactic, sedang menjalani peningkatan dan pemeliharaan oleh bisnis.

Tiket Virgin Galactic sekarang dijual 450.000 dolar AS, naik dari harga penerbangan pra-Branson 250.000 dolar AS. Sejak Juli lalu, Virgin Galactic telah dua kali membuka kembali penjualan tiket secara singkat kepada pelanggan. Awal tahun ini perusahaan melaporkan bahwa saat ini ada sekitar 800 orang dalam daftar tunggu.

Virgin Galactic mengirim tamunya ke luar angkasa melalui udara, bukan perjalanan roket langsung. Sebuah pesawat ruang angkasa dibawa tinggi-tinggi oleh pesawat pengangkut di bawah sayapnya sampai mencapai ketinggian sekitar 50.000 kaki (15.000 meter). 

Pesawat ruang angkasa kemudian melepaskan diri dan menyalakan mesin roket internal untuk diluncurkan ke ruang suborbital. Setelah ditunda selama tiga bulan karena "rantai pasokan dan tantangan tenaga kerja," pelayaran suborbital Virgin Galactic berikutnya dijadwalkan pada awal 2023. 

Empat penerbangan uji VSS Unity sejauh ini telah membawanya ke ruang suborbital; namun, layanan komersial penuh belum dimulai. Blue Origin, saingan utama Virgin Galactic dalam perjalanan ruang angkasa suborbital, telah melakukan lima penerbangan penumpang ke perbatasan terakhir. 

Penerbangan perdana tersebut membawa pendiri Jeff Bezos, saudaranya, dan sejumlah penumpang lainnya pada 20 Juli 2021. Penerbangan terbaru Blue Origin berlangsung pada 4 Juni. Perusahaan belum merilis harga tiket.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement