Senin 30 May 2022 11:25 WIB

Tim Orkestra Ukraina Lelang Pialanya untuk Beri Bantuan Militer

Orkestra Kalush Ukraina menghasilkan 900 ribu dolar AS dari menjual piala kontes.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Orkestra (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Orkestra (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV - Orkestra Kalush Ukraina menghasilkan 900 ribu dolar AS dari menjual piala kontes. Uang tersebut akan digunakan untuk militer Ukraina memerangi invasi Rusia. Tim orkestra memenangkan Eurovision dengan lagu mereka 'Stefania.' Mereka kemudian menggalang dukungan publik untuk mengklaim kemenangan emosianal yang disambut presiden Ukraina.

Pada Ahad (29/5/2022), tim berhasil menjual piala berbentuk mikrofon kristal yang mereka dapatkan. Penjualan itu dilakukan melalui lelang Facebook yang dipimpin oleh presenter TV Ukraina, Serhiy Prytula.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membeli sistem udara tak berawak PD-2 bagi angkatan bersenjata. Prytula dalam pelelangan mengatakan, dana itu digunakan juga akan mencakup tiga pesawat dan stasiun kontrol darat.

Invasi Rusia ke Ukraina yang kini memasuki bulan keempat, telah merenggut ribuan nyawa warga sipil, membuat jutaan warga Ukraina melarikan diri, dan membuat kota menjadi puing-puing. Moskow menyebut tindakannya sebagai operasi militer khusus untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari fasis.

Ukraina dan Barat mengatakan tuduhan fasis tidak berdasar dan bahwa perang adalah tindakan agresi yang tidak beralasan. Selama akhir pekan, pasukan Ukraina terus dibombardir serangan artileri berat saat mereka menahan upaya Rusia untuk merebut Sievierodonetsk, kota terbesar yang masih dikuasai Ukraina di wilayah timur Luhansk.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement