Jumat 29 Apr 2022 16:32 WIB

Playoff NBA: Sixers, Suns, dan Mavericks Melaju ke Semifinal Wilayah

Seri semifinal Barat Suns kontra Mavericks dijadwalkan 2 Mei 2022

Pemain depan Dallas Mavericks Dwight Powell (7) merayakan dunk selama paruh kedua pertandingan bola basket NBA melawan Houston Rockets, Selasa, 26 Oktober 2021, di Dallas. Dallas menang 116-106.
Foto: AP/Brandon Wade/FR168019 AP
Pemain depan Dallas Mavericks Dwight Powell (7) merayakan dunk selama paruh kedua pertandingan bola basket NBA melawan Houston Rockets, Selasa, 26 Oktober 2021, di Dallas. Dallas menang 116-106.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Philadelphia 76ers, Phoenix Suns dan Dallas Mavericks melanjutkan langkah mereka ke babak semifinal wilayah setelah mengantungi kemenangan keempat masing-masing dalam putaran pertama playoff NBA secara bergantian pada Jumat (29/4) WIB.

Sixers yang main paling awal dalam rangkaian pertandingan hari ini sukses bangkit dari dua kekalahan beruntun untuk membungkam Toronto Raptors 132-97 dalam Gim 6 putaran pertama Timur di Scotiabank Arena, Ontario, Kanada.

Joel Embiid, yang diketahui masih tampil dengan menahan rasa sakit akibat kerobekan ligamen di jempol tangan kanannya, menyajikan performa dominan lewat raihan 33 poin dan 10 rebound, demikian catatan situs resmi NBA.

Tyrese Maxey menambahkan 25 poin, James Harden mengemas 22 poin dan 15 assist, Tobias Harris mengamankan 19 poin dan 11 rebound, sedangkan Danny Green menyumbangkan 12 poin bagi Sixers yang memenangi seri dengan kedudukan akhir 4-2 atas Raptors.

Chris Boucher yang turun dari bangku cadangan jadi penampil terbaik tuan rumah dengan koleksi 25 poin dan 10 rebound, diikuti 24 poin dari Pascal Siakam, 19 poin milik Gary Trent Jr., serta 18 poin yang dicetak Scottie Barnes.

Kemenangan ini menandai keberhasilan Sixers mencapai semifinal Wilayah Timur untuk keempat kalinya dalam lima musim beruntun, tetapi di tiga penampilan sebelumnya mereka selalu gugur dan gagal melangkah ke final.

Di semifinal Timur, Sixers akan berhadapan dengan Miami Heat yang sudah lebih dulu lolos usai menyisihkan Atlanta Hawks 4-1. Dua gim pertama dijadwalkan berlangsung di markas Heat pada Senin (2/5) dan Rabu (4/5) waktu setempat.

Mavericks tantang Suns

Dua pertandingan putaran pertama berikutnya berakhir dengan Mavericks akan menantang Suns di semifinal Barat.

Suns lebih dulu lolos seusai mengalahkan New Orleans Pelicans 115-109 di Smoothie King Center, ditopang penampilan gemilang Chris Paul yang sukses mengkonversi seluruh 14 percobaan terbuka dan mengemas total 33 poin.

Deandre Ayton menyusul dengan 22 poin, Mikal Bridges 18 poin, dan Devin Booker yang akhirnya bisa kembali melantai setelah terancam absen panjang turut menyumbang 13 poin bagi Suns yang memenangi seri 4-2 atas Pelicans.

Pelicans, yang baru kembali tampil di playoff dalam empat tahun terakhir, harus merelakan langkah mereka terhenti di putaran pertama meskipun tak kurang dari tujuh pemain mencapai dua digit poin di Gim 6 dipimpin Brandon Ingram dengan 21 poin dan 11 rebound.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan lebih larut di Vivint Arena, Salt Lake City, Mavericks sukses meraih kemenangan tipis 98-96 atas tuan rumah Utah Jazz berkat momentum positif yang mereka ciptakan sejak paruh akhir kuarter ketiga.

Luka Doncic dan Jalen Brunson sama-sama mengemas 24 poin, Spencer Dinwiddie menorehkan 19 poin dari bangku cadangan, sedangkan Dorian Finney-Smith mengemas dwiganda 18 poin dan 10 rebound.

Donovan Mitchell, yang sempat diragukan bisa melantai karena cedera di gim sebelumnya, memimpin Jazz dengan 23 poin, diikuti Bojan Bogdanovic 19 poin, Jordan Clarkson 15 poin, serta dwiganda 10 poin dan 12 rebound dari Rudy Gobert.

Hasil Gim 6 ini memastikan Mavericks mengunci kemenangan seri 4-2 atas Jazz dan mereka untuk pertama kalinya bisa meruntuhkan tembok putaran pertama playoff sejak terakhir kali mencapai final dan juara pada 2011 kala sang pelatih kepala Jason Kidd masih melantai.

Seri semifinal Barat Suns kontra Mavericks juga dijadwalkan mulai bergulir pada Senin (2/5) waktu setempat di Footprint Center dilanjutkan Gim 2 di tempat yang sama dua hari berselang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement