Agar tidak Nyeri Sendi Saat Sholat Tarawih, Ini Penjelasan Pakar

Rep: Haura Hafizah/ Red: Agung Sasongko

Ahad 10 Apr 2022 16:50 WIB

Sholat Tarawih (ilustrasi). Foto: Saudi Gazette Sholat Tarawih (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- JAKARTA-- Cara sholat umat muslim memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga persendian dan otot. Namun, ada juga yang mengalami nyeri sendi dan punggung sementara setelah sholat Tarawih di bulan ramadhan.

Fisioterapis (spesialis kedokteran olahraga dan kondisi tulang belakang) Arif Khan mengatakan nyeri sendi dapat diatasi dengan mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup sebelum dan sesudah puasa idealnya air.

Baca Juga

"Tips lain untuk menghindari nyeri sendi adalah dengan mengurangi konsumsi protein berlebih.  Hindari makanan tinggi protein, termasuk daging dan tambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam tubuh Anda," katanya dikutip dari Khaleejtimes pada Ahad (10/4/2022).

Kemudian, ia melanjutkan harus melakukan rutinitas kebugaran ringan.  Olahraga dan jalan kaki ringan terutama setelah berbuka puasa atau latihan peregangan/penguatan dapat membantu meredakan nyeri otot.  Ini juga membantu memperkuat tubuh dan menghilangkan stres.

"Ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita serangan rasa sakit yang tiba-tiba atau mereka yang mengalami berbagai tingkat rasa sakit sepanjang hari," kata dia.