Rabu 23 Mar 2022 13:58 WIB

TNI AL Rekrut Anggota Pramuka Jadi Komcad Pengawak Alutsista

Sebanyak 500 personel komcad dilatih secara khusus oleh Kodiklatal.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kanan).
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- TNI Angkatan Laut akan merekrut anggota Pramuka Saka Bahari untuk ikut dalam komponen cadangan (komcad) sebagai pengawak alutsista dan personel intelijen di daerah. Saat ini, komcad itu masih dalam proses perekrutan.

"Nantinya tentunya Komcad Angkatan Laut ini kan lebih kepada pengawakan alutsista," kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di sela-sela Pembukaan Rapim Saka Bahari Nasional Tahun 2022 di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga

Komcad itu lebih ditujukan kepada pengawak-pengwak kapal, yang nantinya apabila perang mereka bisa mengawaki kapal perang. Misalnya, saat perang Angkatan Laut mengeluarkan seluruh kapal, namun kurang kapal tanker.

TNI AL kemudian berkoordinasi dengan Pertamina agar aset dan komponennya bisa mendukung pelaksanaan darurat militer. "Sehingga nanti Komcad-Komcad ini yang nanti bisa mengawaki kapal-kapal yang akan menjadi komponen cadangannya Angkatan Laut dalam perang laut. Tentunya komponen cadangan TNI AL ini untuk komponen cadangan perang laut," kata dia.

Perekrutan komponen cadangan laut ini harus lebih teliti dan fokus sehingga begitu selesai mereka bisa dimanfaatkan untuk menjadi komponen cadangan dalam melaksanakan perang laut. Tidak hanya itu, kata Yudo, personel Pramuka Saka Bahari juga akan direkrut sebagai intelijen di daerah untuk memperkuat satuan TNI Angkatan Laut.

"Termasuk pramuka-pramuka ini. Kita sudah ajari mereka mengawaki kapal dan sebagainya, nantinya dia bisa mengawaki kapal ataupun sebagai personel intelijen di daerah untuk memberikan data-data tentang intelijen musuh, misalnya seperti itu," kata Yudo.

Dia menambahkan, 500 personel komcad akan dilatih dan dididik secara khusus oleh Komando Pembinaan Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement