Rabu 02 Mar 2022 09:39 WIB

Tanda-Tanda Covid-19 Masih Berbahaya di Tempat Anda

Selama ada orang yang tidak divaksinasi, maka Covid-19 akan terus menyebar.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Covid-19 masih berbahaya di tempat tinggal Anda. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Covid-19 masih berbahaya di tempat tinggal Anda. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan penurunan tingkat Covid-19 di beberapa negara, Anda mungkin bertanya-tanya apakah aman untuk kembali ke kehidupan "normal" tanpa khawatir tertular virus. Sayangnya, tempat-tempat tertentu tidak seaman yang lain, jika mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat vaksinasi dan rawat inap rumah sakit.

Berikut lima tanda bahwa Covid-19 masih berbahaya di tempat Anda tinggal sekarang. Simak penjelasannya:

Baca Juga

1. Cakupan vaksinasi rendah

Jika tinggal di tempat dengan tingkat vaksinasi rendah, maka masih ada bahaya tertular Covid-19, bahkan jika Anda sendiri sudah divaksinasi lengkap. Tenaga medis di Mayo Clinic, Devang Sanghavi, mengatakan selama ada orang yang tidak divaksinasi, selama virus ada di belahan dunia manapun, selama varian itu ada (entah itu omicron, delta atau varian lainnya), maka Covid-19 akan menyebar, serta dapat menyebabkan banyak gelombang pandemi.

"Itulah mengapa saya akan sangat mendesak dan meminta semua orang di luar sana yang tidak divaksinasi untuk vaksinasi. Itulah satu-satunya jalan keluar dari pandemi ini, jika tidak akan ada varian baru yang akan menguji kekebalan kita terhadap vaksin yang kita miliki,” kata Sanghavi dilansir Eat This, Not That!, Rabu (2/3/2022).

2. Tarif rawat inap

Jika ada tingkat rawat inap yang tinggi di daerah Anda, maka lindungi diri dan masyarakat dengan mengenakan masker di dalam ruangan, tetap up-to-date dengan vaksinasi dan booster, serta berhati-hati dalam berinteraksi dengan orang lain. "Tidak ada yang ringan bagi kami sama sekali. Kami masih bekerja sama kerasnya untuk mencoba membuat orang tetap hidup dengan omicron seperti halnya kami dengan delta,” ujar asisten profesor kedokteran di UVA, Taison Bell.

3. Anjuran masker

Anjuran masker mungkin dicabut di beberapa tempat, tetapi itu tidak berarti Anda harus buru-buru melepas masker. Dengan vaksin yang tidak 100 persen efektif, orang yang tidak menggunakan masker di dalam ruangan dapat membahayakan orang lain.

"Terlepas dari apakah ada mandat atau tidak, saya pikir orang harus memakai masker ketika mereka berada di dalam ruangan sampai kita lebih jauh dari (pendemi),” kata direktur Pusat Pendidikan Vaksin di Rumah Sakit Anak Philadelphia, Paul Offit.

4. Meningkatnya kasus Covid-19

Jika kasus Covid-19 secara resmi meningkat di tempat Anda tinggal, maka lakukan tindakan pencegahan ekstra untuk keselamatan. Ahli penyakit menular, Steven Gordon, mengatakan seseorang dapat mengurangi faktor risiko dengan memakai masker, terutama di dalam ruangan dengan orang lain.

"Tapi intinya adalah memastikan, pertama dan terutama, Anda mendapatkan vaksinasi lengkap, termasuk mendapatkan booster. Itu perlindungan terbaik, bergerak maju, untuk terobosan dari varian," ujar Gordon.

5. Kasus flu meningkat

Karena ada begitu banyak gejala yang mirip antara Covid-19 dan flu, maka sulit mengetahui mana yang mungkin Anda derita tanpa uji usap. Jadi pastikan untuk sangat berhati-hati jika kasus flu sedang meningkat di tempat Anda tinggal.

“Saya akan mendorong Anda untuk memakai masker selama musim penyakit pernapasan. Ada banyak virus berbeda yang dapat menyebabkan masalah, bukan hanya Covid-19,” kata spesialis penyakit menular, Kristin Englund.

Englund menganjurkan orang-orang agar merasa nyaman mempraktikkan tindakan pencegahan, seperti memakai masker dapat menjadi bagian rutin dari kehidupan selama musim penyakit pernapasan. Dengan tindakan pencegahan ini, Englund menjelaskan seseorang tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga melindungi orang-orang di sekitarnya.

Bagaimana tetap aman di luar? Ikuti dasar-dasar kesehatan masyarakat dan bantu akhiri pandemi, dapatkan vaksinasi atau dorong secepatnya. Jika Anda tinggal di daerah dengan tingkat vaksinasi rendah, kenakan masker wajah N95, jangan bepergian, jarak sosial, hindari kerumunan besar, jangan pergi ke dalam rumah dengan orang yang tidak Anda tempati (terutama di bar), praktikkan dengan baik kebersihan tangan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement