Senin 14 Feb 2022 16:14 WIB

Ini Jenis Orang Yang Dicintai dan Dibenci Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menjelaskan orang yang dicintai dan dibencinya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ini Jenis Orang Yang Dicintai dan Dibenci Nabi Muhammad. Foto:  Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika
Ini Jenis Orang Yang Dicintai dan Dibenci Nabi Muhammad. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa ada orang yang paling dicintainya. Tapi ada juga orang yang paling dibencinya.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ خِرَاشٍ الْبَغْدَادِيُّ حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا مُبَارَكُ بْنُ فَضَالَةَ حَدَّثَنِي عَبْدُ رَبِّهِ بْنُ سَعِيدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا وَإِنَّ أَبْغَضَكُمْ إِلَيَّ وَأَبْعَدَكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ الثَّرْثَارُونَ وَالْمُتَشَدِّقُونَ وَالْمُتَفَيْهِقُونَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَدْ عَلِمْنَا الثَّرْثَارُونَ وَالْمُتَشَدِّقُونَ فَمَا الْمُتَفَيْهِقُونَ قَالَ الْمُتَكَبِّرُونَ قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَرَوَى بَعْضُهُمْ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ الْمُبَارَكِ بْنِ فَضَالَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ وَهَذَا أَصَحُّ وَالثَّرْثَارُ هُوَ الْكَثِيرُ الْكَلَامِ وَالْمُتَشَدِّقُ الَّذِي يَتَطَاوَلُ عَلَى النَّاسِ فِي الْكَلَامِ وَيَبْذُو عَلَيْهِمْ

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya di antara orang yang paling aku cintai dan yang tempat duduknya lebih dekat kepadaku pada hari kiamat adalah orang yang akhlaknya paling bagus. Sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat duduknya dariku pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak bicara (kata-kata tidak bermanfaat dan memperolok manusia)."

Para shahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling banyak bicara itu?" Nabi Muhammad SAW menjawab, "Yaitu orang-orang yang sombong." (HR At-Tirmidzi)

Hadist ini menerangkan bahwa Rasulullah SAW sangat mencintai orang-orang yang akhlaknya paling bagus. Mereka yang akhlaknya bagus akan duduk dekat Nabi Muhammad SAW pada hari kiamat.

Namun, dalam hadist ini juga Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa orang yang paling dibencinya adalah orang yang paling banyak bicara. Dalam artian orang yang sering mengeluarkan kata-kata tidak bermanfaat dan memperolok orang lain.

Tapi Rasulullah SAW juga menjelaskan orang yang paling banyak bicara itu adalah orang sombong. Sebagaimana diketahui sombong adalah sifat yang sangat buruk di pandangan Allah SWT dan Rasul-Nya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement