Ahad 12 Dec 2021 04:01 WIB

Bukan Cuaca, Ada Lima Alasan Kesehatan Kaki Terasa Dingin

Kondisi kesehatan tertentu dapat membuat kaki terasa dingin tanpa pandang cuaca.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki mendingin (Ilustrasi). Ada beberapa alasan kesehatan yang dapat membuat kaki terasa dingin.
Foto:

Diabetes

Gula darah tinggi adalah masalah umum bagi penderita diabetes. Gejala diabetes termasuk banyak buang air kecil dan infeksi.

Kaki dingin juga bisa menjadi komplikasi diabetes. Itu seperti neuropati perifer akibat autoimun, kekurangan vitamin, beberapa obat, alkoholisme, dan diabetes. Obat untuk ini dapat mencakup amitriptyline, duloxetine atau pregabalin.

Lalu, komplikasi arteri perifer atau masalah dengan aliran darah juga bisa membuat kaki dingin. Sirkulasi yang buruk dapat membuat kaki terasa dingin.

Penyakit arteri perifer sering terjadi pada perokok, orang obesitas, dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Gaya hidup yang seimbang dan sehat dapat membantu mencegah penyakit arteri perifer. Lebih banyak olahraga dan mengelola kadar gula darah dapat mengurangi gejala yang dialami.

Stres

Stres dapat menyebabkan darah menjauh dari ekstremitas. Ini bisa membuat jari tangan dan kaki terasa dingin. Jika Anda tengah berjuang melawan stres dan merasa sulit untuk mengelolanya, segera minta saran dokter.

Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah sirkulasi sehingga kaki terasa dingin. Ini akibat kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah atau karena peradangan. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti strok dan serangan jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement