Kamis 02 Dec 2021 19:11 WIB

Pegiat Kuliner Jayapura Ajak Manfaatkan Pangan Lokal

Masyarakat bisa melengkapi nutrisi anak dari sumber alam sekitar.

Sagu (ilustrasi). Pegiat kuliner Papua mengajak masyarakat memanfaatkan sumber pangan lokal.
Foto: Antara/FB Anggoro
Sagu (ilustrasi). Pegiat kuliner Papua mengajak masyarakat memanfaatkan sumber pangan lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Penggiat kuliner Jayapura mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pangan lokal di sekitarnya guna melengkapi nutrisi bagi tumbuh kembang anak.

Founder Papua Jungle Chef Charles Toto mengatakan, tumbuh kembang anak dipengaruhi pola makannya sehari-hari. "Sehingga hal ini tidak boleh diremehkan oleh para orang tua," kata pria yang akrab disapa Chato di Jayapura, Kamis (2/12).

Baca Juga

Menurut Chato, masyarakat juga harus memperhatikan lingkungan sekitarnya, tumbuhan apa saja yang ada. Sehingga jika ingin melengkapi nutrisi anak maka dapat mengambil dari alam di sekitarnya.

"Apalagi di Papua, pangan lokal berlimpah, tinggal bagaimana memanfaatkannya secara maksimal," ujar Chato.

Kata Chato, memenuhi kebutuhan nutrisi anak dari alam atau pangan lokal di sekitar, diharapkan dapat turut membantu juga menjaga budaya Papua. "Jika alam dapat menjaga anak-anak Papua dengan pemenuhan nutrisinya maka sudah waktunya mengingat bahwa alam juga harus dijaga," katanya lagi.

Dia menambahkan, dengan mengajari anak-anak Papua menjaga alam maka dapat membantu tetap lestarinya alam Papua dari kepunahan akibat pergeseran budaya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement