Kamis 07 Oct 2021 14:46 WIB

Anies: Rusun Eks Warga Bukit Duri Berkonsep Perkampungan

Pembangunan kampung tersebut ditargetkan rampung pada Maret 2022.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus raharjo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, baru saja meresmikan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh di Jakarta Timur. Lokasi tersebut, akan menjadi hunian bagi 75 kepala keluarga yang awalnya sempat terkena penggusuran dari Bukit Duri pada 2016 silam.

"Lima tahun mereka menanti, dan alhamdulillah prosesnya memang panjang karena harus semuanya tertib administrasi dan memastikan bahwa semua dijalankan dengan benar dengan baik," kata Anies saat meninjau lokasi, Kamis (7/10).

Dibangun di atas lahan 4.000 meter persegi, bangunan itu mencakup 75 unit hunian, selain dari empat lainnya untuk kegiatan usaha. Berdasarkan informasi, gedung tersebut direncanakan terdiri dari lima lantai. "Kita bersyukur karena bangunan yang sedang dibangun ini merupakan satu Konsep perkampungan yang secara rancangan, bisa memfasilitasi interaksi masyarakat," kata Anies.

Anies menambahkan, dengan adanya kehidupan masyarakat yang dekat seperti saat mereka di Bukit Duri, diharapkan kehidupan tetap rukun. Walaupun, diakuinya kini berbeda karena berbentuk rumah susun.

"Jangan sampai menghasilkan komunitas yang tidak peduli satu sama lain, tidak kenal satu sama lain, tapi satu konsep bangunan yang memungkinkan kampung yang dekat satu sama lain tapi rukun," tutur dia.

Lebih lanjut, dengan adanya pembangunan tersebut, Anies juga berharap agar warga di sana nantinya bisa produktif. Hal itu, dikatakannya, karena berdasarkan rancangan gedung yang memungkinkan warga bekerja dari rumah.

"Ini pengalaman dari pandemi. Rumah-rumah kita, rumah susun hampir semua, tidak dirancang tidak produktif, tapi istirahat," kata dia.

Rencananya, pembangunan kampung tersebut ditargetkan rampung pada Maret 2022. Anies berharap pemukiman ini selesai tepat waktu guna ditempati secepatnya oleh korban penggusuran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement