Rabu 06 Oct 2021 14:41 WIB

Kemenag Buat Instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia

Kemenag membuat instrumen asesmen kompetensi madrasah di Indonesia.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) akan segera memiliki instrumen asesmen kompetensi madrasah. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) saat ini tengah memfinalisasi instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) di Makassar pada 5-7 Oktober 2021.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program REP-MEQR (Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform) yang bertujuan meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan madrasah," kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh Isom melalui pesan tertulis kepada Republika, Rabu (6/10).

Baca Juga

Isom mengatakan, program ini melibatkan para guru madrasah se-Indonesia yang lolos seleksi. Mereka diminta menyusun soal-soal literasi membaca, numerasi, sains, dan literasi sosial budaya untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Isom berharap instrumen yang dihasilkan mampu memenuhi keperluan AKMI. Yaitu, secara komprehensif mampu mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter.

"Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran bermutu," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement