Rabu 22 Sep 2021 00:29 WIB

Studi: Rutin Minum Teh Herbal Bisa Atasi Insomnia

Teh herbal rendah kafein bisa bantu atasi insomnia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi teh kamomil (chamomile). Konsumsi rutin teh herbal tanpa kafein bisa membantu seseorang mengatasi masalah tidur, seperti insomnia.
Foto: Pixabay
Ilustrasi teh kamomil (chamomile). Konsumsi rutin teh herbal tanpa kafein bisa membantu seseorang mengatasi masalah tidur, seperti insomnia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi yang menyukainya, meminum secangkir teh merupakan suatu kewajiban sebelum beraktivitas, bahkan selama waktu senggang. Apalagi, asupan teh telah dikaitkan dengan sejumlah besar manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan, kesehatan jantung, dan risiko kanker yang lebih rendah.

Tak hanya itu, ternyata minum teh, khususnya teh herbal, bisa meningkatkan kualitas tidur malam. Teh herbal didapat dengan menyeduh rempah-rempah, bunga, daun, akar yang dikeringkan dan diseduh seperti halnya minuman dari tanaman teh (camellia sinensis).

Baca Juga

Teh kamomil (chamomile), pepermin, teh jahe, dan teh kunyit termasuk teh herbal. Merujuk pada sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Nature and Science of Sleep, konsumsi rutin teh herbal tanpa kafein bisa membantu seseorang mengatasi masalah tidur, seperti insomnia, baik sementara maupun permanen.

Asupan teh juga memiliki dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan. Studi lain dari Integrative Medicine Research mengungkap bahwa minum teh herbal secara konsisten selama empat pekan dapat mengurangi gejala insomnia pada orang yang mengalami insomnia akut.

Asupan teh terbukti bermanfaat untuk insomnia karena komponen yang terkandung di dalamnya. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients juga menyatakan bahwa teh hijau rendah kafein bisa menurunkan tingkat stres pada orang dewasa tua sehingga meningkatkan kualitas tidur. Manfaat ini didapat dari kandungan asam amino yang dikenal sebagai theanine dalam teh hijau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement