Kamis 12 Aug 2021 21:39 WIB

Bupati Batang Perintahkan Gerakan Peduli Warga Isoman

Pandemi Covid-19 di Indonesia masuk pada gelombang dua.

Bupati Batang Perintahkan Gerakan Peduli Warga Isoman (ilustrasi).
Foto: istimewa
Bupati Batang Perintahkan Gerakan Peduli Warga Isoman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Bupati Batang Wihaji memerintahkan aparatur sipil negara (ASN) melakukan gerakan peduli pada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri agar mereka cepat sembuh dari terpapar COVID-19.

"Gerakan peduli ASN ini bertujuan untuk memberikan 'support' pada warga yang sedang menjalani isoman," katanya di Batang, Kamis (12/8).

Menurut dia, pandemi COVID-19 di Indonesia masuk pada gelombang dua dan sempat mengalami peningkatan jumlah kasus warga yang terpapar, termasuk di wilayah Kabupaten Batang. "Sempat ada peningkatan jumlah kasus di Batang meski kondisi sekarang sudah mengalami penurunan," katanya.

Wihaji mengatakan sebagai langkah antisipasi bertambahnya orang terpapar maka warga yang positif COVID-19 dengan gejala ringan dan sedang wajib menjalani isolasi mandiri. Bagi orang yang terpapar dan sedang menjalani isoman, kata dia, maka harus diberikan perhatian dan semangat oleh semua pihak agar mereka lebih cepat sembuh.

Ia minta ASN harus menjadi relawan penanggulangan COVID-19 di lingkungan rumahnya dan wajib memantau perkembangan kesehatan tetangga yang sedang menjalani isoman serta membantu kebutuhan sembako dan melakukan sosialisasi mematuhi protokol kesehatan.

"Bahkan para pejabat eselon 2 dan 3, kami tugaskan khusus untuk melakukan pembinaan dan pendampingan di wilayah per kecamatan untuk mendampingi tugas camat dalam penanganan COVID-19," katanya.

Ia mengatakan pada kegiatan "Gerakan ASN Peduli" ini telah disalurkan bantuan lebih dari seribu paket sembako berupa beras, minyak goreng, gula pasir, kecap, mi instan, dan vitamin, serta makanan ringan.

Wihaji minta warga yang sedang menjalani isolasi mandiri jangan sampai kelaparan karena tidak ada makanan, apalagi sampai mati kelaparan."Pandemi harus diambil hikmahnya karena untuk meningkatkan kepedulian terhadap tetangga rumah, orang yang kurang beruntung, dan terpenting lagi harus terus mengingat dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement