Ahad 04 Apr 2021 22:19 WIB

Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan di Kudus Stabil

Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kudus cenderung stabil.

Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, jelang Ramadhan cenderung stabil (Foto: ilustrasi)
Foto: ANTARA /Akbar Tado
Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, jelang Ramadhan cenderung stabil (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menjelang Ramadhan cenderung stabil. Meskipun, ada beberapa komoditas yang harga jualnya naik.

"Harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan hanya cabai setan, selebihnya stabil," kata salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Baru Kudus Sumiyani di Kudus, Ahad (4/4).

Baca Juga

Ia mengatakan, harga jual cabai setan saat ini mencapai Rp75 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 60 ribu/kg. Sementara, komoditas lain yang harga jualnya stabil, yakni harga bawang merah Rp 30 ribu/kg, bawang putih Rp25 ribu/kg, dan gula merah Rp 12 ribu/kg.

Sementara komoditas cabai merah sebesar Rp 40 ribu/kg, cabai rawit putih Rp 20 ribu/kg, cabai hijau besar Rp 23 ribu/kg, dan gula pasir Rp 12 ribu/kg. Pengalaman sebelumnya, kata dia, setiap mendekati puasa, harga-harga berbagai komoditas sudah naik, terutama telur saat seperti sekarang biasanya sudah naik signifikan. Stok berbagai komoditas juga tersedia dalam jumlah cukup, karena para pemasok belum ada yang menginformasikan akan adanya kelangkaan beberapa komoditas.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi, dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Imam Prayitno, mengatakan, berdasarkan hasil pendataan dari berbagai pedagang grosir, stok kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Kudus menjelang bulan puasa tersedia aman.

"Hampir semua komoditas yang dibutuhkan masyarakat mulai beras, minyak goreng, gula, bawang putih, bawang merah, cabai, daging hingga telur ayam tersedia dalam jumlah yang aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Stok kebutuhan pokok yang tersedia, kata dia, merupakan stok berjalan yang dimiliki oleh masing-masing pedagang besar di Kabupaten Kudus sehingga stoknya juga berfluktuasi. "Kami juga akan memantau ketersediaan stok barang tersebut serta harga jualnya di pasaran," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement