Rabu 31 Mar 2021 14:03 WIB

Ilmuwan Ungkap Misteri Komet Alien 21/Borisov

Lintasan komet 21/Borisov mungki berasal dari Tata Surya lain.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Gambar tangkapan layar komet Borisov yang mendekati tata surya.
Foto: nasa
Gambar tangkapan layar komet Borisov yang mendekati tata surya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 30 Agustus 2019, Tata Surya dikunjungi oleh komet asing yang kemudian disebut sebagai 21/Borisov. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa itu adalah salah satu komet paling ‘murni’ yang pernah diamati, menyimpan petunjuk dari masa lalu di dunia yang jauh.

Pengamatan mengenai komet ini dipublikasikan  di jurnal Nature Communications.“Secara umum, komet biasa yang biasanya kami pelajari memiliki orbit di mana mereka mendekati Matahari dari waktu ke waktu dan saat mendekati Matahari, permukaannya berubah,” ujar  Ludmilla Kolokolova, peneliti di departemen astronomi Universitas Maryland dan salah satu penulis studi baru ini, kepada Inverse.

Baca Juga

Komet adalah benda es yang terdiri dari gas, batuan, dan debu beku, material yang kemungkinan berasal dari miliaran tahun yang lalu sebelum pembentukan planet dan benda langit lainnya. Saat komet bergerak mendekati Matahari, gaya gravitasi bintang yang kuat dapat melemahkan dan menghancurkannya ketika semakin dekat.

Radiasi matahari, angin, dan partikel yang dipancarkan matahari cenderung menguapkan karbon dan material lain yang terdapat di komet. Sebagian besar komet yang biasa diamati para ilmuwan di Tata Surya telah diubah oleh perjalanan mereka mengelilingi bintang induk.

Namun, tim peneliti menemukan bahwa, tidak seperti komet pada umumnya, 21 / Borisov memiliki komposisi kimia yang konsisten dengan keutuhannya sejak pembentukannya. Ini berarti kemungkinan besar telah 'dibuang'' dari sistem asalnya di awal sejarahnya.

Para ilmuwan percaya bahwa komet terdiri dari materi yang merupakan sisa dari pembentukan sistem bintang, sisa-sisa dari bahan penyusun planet. Mengamati komet yang terbentuk dari dalam tata surya kita memberi tahu tentang sejarah awal planet seperti Bumi dan Jupiter.

Namun, komet antarbintang memberi kita petunjuk tentang sistem bintang tetangga. Neil Dullo Russo, astronom planet di Universitas Johns Hopkins yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa komet 21 / Borisov memberikan gambaran yang berbeda kepada para ilmuwan daripada biasanya.

“Kami hanya mengukur komet dari tata surya kami dan kami mencoba untuk mendapatkan petunjuk seperti apa susunan kimianya di daerah pembentuk komet di tata surya kita,” kata Russo

Itulah mengapa, Russo mengatakan pengukuran objek antarbintang ini sangat berharga. Ini jarang terlihat dan ini memberi para ilmuwan gambaran tentang proses kimia apa yang terjadi di tata surya selain tata surya kita.

Komet antarbintang saat ini terlalu jauh untuk pengamatan lebih lanjut. Namun, para ilmuwan optimis bahwa mereka dapat menemukan lebih banyak komet antarbintang ini dan dapat menyelidiki untuk mendapatkan lebih banyak petunjuk tentang sistem bintang asing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement