Selasa 22 Dec 2020 10:49 WIB

Masjid Tertua di Polandia Dipugar

Masjid Tertua di Polandia Dipugar

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Tertua di Polandia Dipugar
Foto: Notes from Poland
Masjid Tertua di Polandia Dipugar

IHRAM.CO.ID,WARSAWA -- Masjid tertua di Polandia telah direnovasi dengan bantuan dana publik. Itu merupakan bangunan kayu yang berasal dari abad kedelapan belas, dan masih digunakan oleh komunitas Muslim Tatar yang berusia 600 tahu.

Dilansir dari laman Notes from Poland pada Selasa (22/12), Masjid ini terletak di desa Kruszyniany di timur laut Polandia. Ini merupakan bagian dari daerah yang berbatasan dengan Lituania dan Belarusia, yang telah menjadi rumah bagi Tatar Lipka sejak abad keempat belas. Selain itu juga menjadikannya salah satu komunitas Muslim tertua yang terus ada di Eropa.

Baca Juga

Catatan menunjukkan, masjid sebelumnya di situs yang sama di Kruszyniany pada awal 1717. Usia pasti dari bangunan saat ini tidak diketahui, akan tetapi kemungkinan besar dibangun pada paruh kedua abad ke delapan belas.

Rumah ibadah itu seperti masjid lainnya di desa terdekat Bohoniki, dibangun dengan gaya khas yang mengingatkan pada gereja kayu setempat. Itu diakui sebagai monumen bersejarah resmi oleh Polandia pada 2012.

Pada tahun ini, kantor konservasi monumen di Provinsi Podlasie di mana masjid itu berada memberikan hibah sebesar 80 ribu zloty (18 ribu euro) untuk merenovasi interiornya.

Adapun pekerjaan yang baru saja selesai antara lain, peletakan lantai baru di mushola pria, penguatan ambang jendela di dinding partisi antara mushola pria dan wanita, dan tambahan penopang untuk lantai mezanin.

Yayasan Masyarakat Budaya Tatar, yang bekerja untuk mempromosikan warisan komunitas, memuji pekerjaan renovasi tersebut. Kemudian menyebutnya sebagai langkah penting untuk menjaga tempat yang penting bagi kakek nenek dan orang tua, anak dan cucu mereka.

Menurut Zabytek, sebuah situs web yang dijalankan oleh Badan Warisan Nasional Polandia, masjid tersebut kemungkinan besar awalnya dibangun dengan dana yang disediakan oleh salah satu keluarga Tatar terkaya di wilayah tersebut, Krzeczowskis yang memiliki desa Kruszyniany, Gorka dan Luzany.

Selama Perang Dunia Kedua, masjid tersebut disita oleh penjajah Jerman dan digunakan sebagai rumah sakit lapangan, dengan perlengkapan dan perlengkapan berharga dicuri. Namun, setelah perang, Muslim Polandia kembali menggunakan bangunan tersebut.

Pada 2014, masjid itu dirusak selama Ramadhan, dengan seekor babi diukir di dinding luar dan gambar-gambar kasar lainnya disemprotkan ke kuburan di pemakaman. Konservator monumen setempat segera turun tangan untuk membersihkan kerusakan.

Menurut perkiraan Persatuan Agama Muslim di Polandia (MZR), mayoritas Muslim di Polandia bukan berasal dari Lipka Tatar. Sebagian besar adalah pendatang baru, dengan Polandia saat ini mengalami tingkat imigrasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarahnya.

Awal tahun ini, MZR meluncurkan portal berbahasa Polandia baru untuk menyediakan sumber daya pendidikan online tentang Islam dan untuk menantang stereotip umum tentang komunitas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement