Ahad 20 Dec 2020 07:36 WIB

Kota Sukabumi Jadi Kota Terinovatif Versi Kemendagri

Sukabumi telah menggulirkan inovasi yang terbaik dalam pelayanan kepada warganya.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima 4 penghargaam sekaligus dalam top 32 Inovasi terbaik di Jawa Barat tahun 2020 dari Pemprov Jabar, Selasa (15/12)
Foto: dok Humas pemkot Sukabumi
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima 4 penghargaam sekaligus dalam top 32 Inovasi terbaik di Jawa Barat tahun 2020 dari Pemprov Jabar, Selasa (15/12)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi menerima penghargaan Kota Sukabumi sebagai Kota Terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri, Jumat (18/12) di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta. Penghargaan ini diberikan karena Pemkot Sukabumi telah menggulirkan inovasi yang terbaik dalam pelayanan kepada warganya.

"Alhamdulillah di penghujung tahun ini, Pemerintah Kota Sukabumi kembali mendapatkan prestasi, kali ini sebagai Kota Terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Sabtu (19/12). 

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga dan para aparatur Pemda Kota Sukabumi yang senantiasa berkolaborasi saling meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik.   Selain itu, juga kepada Kemendagri yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kota Sukabumi. 

Tentunya, kata dia, pemkot sangat bersyukur atas penghargaan paling bergengsi yang dilaksanakan di lingkungan Kementrian Dalam Negeri ini. "Semoga prestasi ini senantiasa memotivasi para aparatur untuk tak henti melakukan inovasi terbaik. Dimana hal ini semata-mata bertujuan memberikan pelayanan bagi warga," ujar Farmi.

Hal ini juga, ungkap Fahmi, menunjukkan di tahun 2020, program kinerja Pemerintah Kota Sukabumi mendapat apresiasi penuh dari Kementerian Dalam Negeri atas beberapa inovasi yang telah disampaikan ke tim penilai. Penghargaan itu sendiri diserahkan langsung Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori dan disaksikan langsung Mendagri Tito Karnavian.

Sebelumnya, sebanyak empat inovasi yang digulirkan Pemkot Sukabumi diganjar penghargaan oleh Pemprov Jawa Barat. Hal ini diberikan dalam ajang Anugerah Inovasi Jawa Barat tahun 2020 di The Trans Luxury Hotel Bandung, Selasa (15/12) siang.

Penghargaan tersebut terkait empat inovasi Pemkot Sukabumi yang masuk dalam Top 32 kompetisi inovasi Jawa Barat tahun 2020. Bahkan dua inovasi Pemkot Sukabumi masuk dalam Top 10 Inovasi Jabar yakni aplikasi Sikalem (Sistem Kotak Layanan Elektronik Mandiri) di Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi dan Bunut FM Radio Kesehatan RSUD R Syamsudin SH.

Sementara dua inovasi lainnya masuk dalam Top 32 inovasi terbaik di Jabar yakni di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi dengan judul Aplikasi Layanan Kemboja Sari ( Layanan Akta Kematian Jemput Bola) dan RSUD Syamsudin SH dengan judul Aplikasi PATAS ( Pelayanan Tanpa Menunggu Kelengkapan Persyaratan Administrasi).

"Alhamdulilah, Pemkot Sukabumi mendapatkan empat penghargaan dalam Top 32 inovasi Jawa Barat tahun 2020 dari Pemprov Jabar," ujar Fahmi. Di mana dalam top 32 Inovasi Jabar ini yang terbanyak dari Kota Sukabumi yakni empat inovasi dan bahkan dua diantaranya masuk top 10 Inovasi Terbaik di Jabar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement