Senin 06 Apr 2020 07:06 WIB

Terimbas Corona, Hotel Aston Cirebon Tutup Sementara

Hotel Aston Cirebon tutup sementara menyusul 7 hotel lainnya yang terimbas corona.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Reiny Dwinanda
Hotel Aston Cirebon memutuskan untuk menutup sementara operasionalnya sejak 5 April hingga 3 Juni 2020.
Foto: Instagram
Hotel Aston Cirebon memutuskan untuk menutup sementara operasionalnya sejak 5 April hingga 3 Juni 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Hotel Aston Cirebon memutuskan untuk menutup sementara operasionalnya. Hotel bintang empat dengan 200 kamar yang dilengkapi dengan convention center ini turut terimbas lesunya ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Operasional hotel tutup sementara mulai 5 April hingga 3 Juni 2020," ujar General Manager Hotel Aston Cirebon, Niken Damayanti, Ahad (5/4).

Baca Juga

Namun, menurut Niken, selama operasional hotel tidak beroperasi, ada tiga outlet di lingkungan hotel Aston Cirebon yang tetap beroperasi seperti biasa. Takebayashi Restaurant, Oasis Bistro, dan Kantor Cabang Manulife masih buka.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

After careful thought and deliberation of our duty in the face of the COVID-19 outbreak, and in what we believe is in the best interest of our guests and employees. @astoncirebon will temporary closed the hotel operations starting the morning of Sunday, April 5th, 2020 . We look forward to welcoming you back as soon as things have normalized. - Until then, Oasis Bistro and @takebayashicrb continue to serve local communities for any take away or delivery service.

A post shared by Aston Cirebon Hotel (@astoncirebon) on

Niken menjelaskan, penutupan sementara operasional hotel itu dilakukan dengan berbagai pertimbangan secara saksama. Salah satunya menyangkut tantangan yang dihadapi oleh hotel dalam masa pandemi Covid-19.

"Langkah yang kami lakukan juga sebagai bentuk dukungan terhadap upaya  pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19," tutur Niken.

Niken mengungkapkan, untuk pembukaan kembali operasional hotel secara normal, pihaknya akan memperhitungkan situasi dan kondisi yang berkembang. Sebelumnya, sebanyak tujuh hotel yang ada di Kota Cirebon juga telah menutup sementara operasional mereka.

Pasalnya, tingkat okupansi mereka merosot tajam seiring merebaknya pandemi Covid-19. Ketujuh hotel tersebut ialah Grage Grand Business, Swiss-Belhotel Cirebon, Citra Dream, Hotel Asri, Hotel Amaris, Tryas Hotel, dan Hotel Uma.

"Tutup sementara karena kamar yang terisi tidak mencukupi untuk memenuhi biaya operasionalnya," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kota Cirebon, Imam Reza Hakiki.

Menurut Imam, lamanya waktu penutupan sementara operasional hotel-hotel itu beragam. Ada yang sebulan penuh selama April 2020, namun ada juga yang tutup sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement