Kamis 02 Mar 2017 17:28 WIB

Ini Tanda-Tanda Seseorang Berbohong

Rep: Wilda fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Anak berbohong/ilustrasi
Foto: dont-tread-on.me
Bohong (ilustrasi)

Mengulang Kata

Hal ini terjadi biasanya karena individu berusaha untuk meyakinkan seseorang dengan kebohongannya. Dalam hal ini termasuk pada diri mereka sendiri dari sesuatu. "Mereka mencoba untuk memvalidasi kebohongan dalam pikiran mereka. Misalnya, ia mengulang kata ‘Saya tidak ... aku tidak ...’,” ujar Glass.

Menutupi Bagian Tubuh

Mereka yang berbohong biasanya akan menutupi beberapa bagian tubuhnya. Bagian tubuh itu seperti  tenggorokan, dada, leher, kepala, atau perut. "Saya sering melihat ini di ruang sidang ketika saya bekerja sebagai konsultan untuk pengacara. Saya selalu bisa tahu kapan kesaksian seseorang telah menegangkan terdakwa, ketika saya melihat tangannya menutupi bagian depan atau tenggorokannya," kata Glass.

Menyentuh atau Menutup Mulut

Tanda-tanda berbohong biasanya terjadi saat seseorang secara otomatis akan menempatkan tangan mereka di mulutnya. Ini terjadi ketika mereka tidak mau berurusan dengan masalah atau menjawab pertanyaan tertentu. "Ketika orang dewasa meletakkan tangan mereka di atas bibir mereka, itu berarti mereka tidak  mau mengungkapkan segalanya, dan mereka hanya tidak ingin mengatakan yang sebenarnya," ujar Glass.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement