Kamis 29 Nov 2018 01:08 WIB

D’Orzu Ramaikan Pasar Kosmetik Halal

Muslimah perlu menggunakan kosmetik yang halal dan baik.

Produk kosmetik d'Orzu membidik pasar kosmetik halal.
Foto: Dok Avairra Beauty
Produk kosmetik d'Orzu membidik pasar kosmetik halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Peluang industri halal di Indonesia dinilai sangat besar.  “Industri halal tidak hanya mempunyai peluang yang besar, tapi sangat besar. Baik pasar dalam negeri maupun ekspornya,” kata  Direktur Halal Life Center (HLC),  Sapta Nirwandar  beberapa waktu lalu.

Menurut Sapta, setidaknya ada 10 sektor yang menjanjikan dari industri halal. Termasuk ke dalamnya adalah makanan, keuangan/perbankan syariah, wisata halal, kosmetika, busana Muslim, obat-obatan; serta musik, kesenian dan industri kreatif lainnya.

“Laporan terbaru dari Global Islamic Economy Index menyebut lebih dari 3,2 triliun dolar AS berputar untuk pasar perekonomian Islam. Angka ini di tahun 2020 diprediksikan akan bertambah dua kali lipatnya. Hal itu  karena penduduk Islamnya juga bertambah. Inkam per kapita golongan Islam di dunia juga semakin baik untuk golongan menengah ke atas," tutur Sapta Nirwandar.

Peluang bisnis kosmetik itu dilirik oleh perusahaan kosmetik halal Avairra Beauty. “Kami memproduksi dan memasarkan produk kosmetik halal dengan merek d’Orzu (baca: diOrzu),” kata owner (pemilik) Avairra Beauty, Maimunah Baraja dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (28/11).

 

Ia menambahkan, kulit merupakan bagian terluas dari tubuh. Karena itu memelihara kebersihan dan kesehatan,  selayaknya  menjadi prioritas utama harian bagi Muslim dan Muslimah. “Filosofi kami adalah menghadirkan produk perawatan yang alami dan cocok untuk semua jenis kulit dengan motto halalan thayyiban (halal dan baik),” ujar alumnus Jurusan Kimia Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Terkait hal tersebut, ia mengemukakan, brand d`Orzu (baca : diorzu) merupakan perawatan wajah dan tubuh yang diproses dengan standar ketat sejak tahap formulasi sampai produksi di pabrik kosmetik berstandar internasional yang menerapkan standar Good Manufacturing Process dan Halal Assurance System.

“d'Orzu hadir sebagai kosmetik berkualitas tinggi hasil anak negeri dari bahan baku terbaik yang tentu halal dan benar-benar dipilih dari bahan aktif natural yang murni maupun turunan alami. Produk kosmetik d’Ordzu didesain untuk pemakaian harian yang aman dan nyaman (thayyibah), serta dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang Muslimah,” tuturnya.

Maimunah menegaskan,  d`Orzu mempertahankan konsep bahwa setiap produk harus mengandung bahan-bahan dari konsentrat terbaik. “Hal itu kami lakukan agar tercipta hasil yang signifikan dan saling melengkapi, sesuai dengan tagline yang diusung: Natural is the true beauty dengan uniqueness: Natural and Fresh,” paparnya. 

Sebagai pendiri sekaligus pengelola,  kata Maimunah, pihaknya memegang  prinsip untuk memproduksi setiap kosmetik yang dapat digunakan oleh Muslimah dengan seminimal mungkin efek samping.  “Insya Allah, untuk menghasilkan wajah yang berseri halus,” tuturnya.  

Seperti diketahui bersama, kata Maimunah, di pasaran banyak sekali beredar kosmetik yang mengandung bahan-bahan yang sangat berbahaya untuk kulit wajah dan tubuh dan digunakan bebas tanpa pengawasan ahli kesehatan. Sebut sajadi antaranya merkuri, hidrokinon,tretinoin, maupun rhodamine. 

Bukan saja berbahaya, belum lagi kandungan kosmetik yang isinya zat-zat yang sifatnya terlarang (najis) untuk digunakan oleh seorang Muslimah. “Bagaimana mungkin ibadah seseorang akan sah, jika anggota  tubuhnya (wajah) tidak terbebas dari najis karena kosmetika yang digunakan tercampur dengan bahan yang najis, mengingat kosmetik biasanya digunakan setiap hari secara rutin?” ujarnya.

Maimunah mengungkapkan, tim RND (litbang) Avairra Beauty bersama  Muslimah apoteker, kimia dan teknik kimia yang cukup berpengalaman,  bertekad membuat produk kosmetik yang halal dan thayyibah.  Halal, karena diambil hanya dari bahan-bahan yang sudah diketahui kehalalannya. “Dalam hal ini bahan sudah mendapat rekomendasi dari LPPOM MUI, dan  tentu saja sebelumnya telah terdaftar di BP POM,” ujarnya. 

Thayyibah, maksudnya aman selama pemakaian jangka panjang. “Prinsip kami, halal dan thayyibah harus selalu seiring. Boleh jadi ada bahan yang tidak najis tapi tidak thayyibah, seperti merkuri dan sejenisnya yang tidak najis sifatnya tapi tentu saja tidak thayyibah karena jelas akan membuat rusak kulit pemakainya,” paparnya.

Saat ini, kata Maimunah, produk  dÓrzu hadir dalam beberapa series perawatan wajah yang cocok sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit Muslimah di indonesia. Rangkaian produk tersebut adalah Radiance Care Series (untuk mencerahkan dan membantu menyamarkan kerutan),  Acne Care Series (berfungsi membuka pori-pori kulit dan melawan bakteri), dan Teen Care Series (untuk remaja).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement