Ahad 04 Feb 2018 13:18 WIB

Kebiasaan yang Membuat Rambut tak Sehat dan Bercabang

Gaya hidup tidak sehat, hingga polusi dapat menjadi penyebab utama kerusakan rambut.

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Rambut indah (Ilustrasi)
Foto: Womanitely
Rambut indah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah penelitian menunjukkan tujuh dari 10 perempuan di dunia memiliki rambut yang tidak sehat dan bahkan tak terlihat menarik karena berbagai masalah. Permasalahan itu mulai dari rambut bercabang, kering, hingga berbagai kerusakan lainnya karena bermacam faktor.

Gaya hidup tidak sehat, hingga polusi dapat menjadi penyebab utama kerusakan rambut. Bahkan, kebiasaan yang mungkin tidak diasadari juga demikian. Boldsky merangkum apa saja hal paling umum yang dapat membuat rambut rusak dan bercabang.

1. Penggunaan alat styling

Alat penata rambut, mulai dari pengering hingga catok pelurus rambut dapat menyebabkan kerusakan pada batang rambut, yang berujung kering dan pecah-pecah, serta pada akhirnya bercabang. Sayangnya, banyak Kaum Hawa yang membutuhkan alat penata rambut karena tuntutan pekerjaan dan aktivitas lainnya sehari-hari.

2. Menyisir rambut berlebihan

Menyisir rambut agar tidak kusut menjadi rutinitas penting yang dilakukan setiap orang. Namun, jika berlebihan hal ini justru dapat merusak rambut, seperti membuatnya rontok dan bercabang. Sebaiknya, sisir rambut dua kali dalam sehari dan saat sangat diperlukan, seperti telrlau kusut setelah memakai helm dan lainnya.

3. Terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas dapat menghilangkan kelembaban alami rambut. Akibatnya rambut menjadi kering dan mudah bercabang. Karena itu, sebaiknya mencuci rambut dilakukan dua hari sekali, atau bahkan tidak lebih dua kali dalam satu pekan.

4. Menyisir rambut basah

Menyisir rambut yang masih basah sangat rentang membuat kerusakan rambut. Kebanyakan orang pada akhirnya memiliki masalah rambut bercabang karena sering menyikat rambut yang kusut seketika setelah keramas.

5. Keramas dengan air hangat

Keramas dengan air hangat menjadi salat satu kebiasaan buruk yang juga merusak rambut. Air hangat rentan membuat minyak alami rambut hilang dan pada akhirnya membuat rambut kering dan dehidrasi, serta masalah bercabang dan pecah-pecah muncul.

sumber : boldsky
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement