Senin 22 Apr 2013 13:01 WIB

Lima Alasan Mengapa Hobi Sangat Penting

Hobi fotografi (ilustrasi)
Foto: WIKIHOW
Hobi fotografi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang itu jenius. Tapi jika anda menilai seekor ikan lewat kemampuannya memanjat pohon, maka sepanjang hidup akan meninggalkan kesan ikan adalah bodoh."

Itu adalah kutipan dari Albert Einsten yang seharusnya bisa membuat Anda mampu menemukan hobi. Setiap orang memiliki kelebihan, namun banyak yang belum menemukan apa itu kelebihannya.

Hobi bisa menjadi cara untuk mencari tahu apa bakat anda dan apa yang benar-benar anda suka kerjakan. Tak hanya itu, mereka pun memiliki keuntungan, apa saja? Mari simak

Peredam stress. Hobi bisa mengalihkan kehidupan yang serba sibuk dan kacau. Bila Anda menyingkirkan sejenak untuk fokus pada pekerjaa yang Anda cintai, dan menikmatinya dengan sungguh-sungguh maka itu pun menikmati hidup.

Hobi adalah aktivitas yang tulus anda sukai, sehingga pikiran Anda tercurah ke sana dan membantu sejenak melupakan banyak hal berat. Hobi saya adalah membuat sketsa dari pensil, melukis dan merajut. Ketika saya melakukan itu, mustahil untuk berpikir tentang hal lain karena saya begitu fokus. Ini cara yang sehat untuk rehat sebentar dan membuat saya santai dan bahagia.

Kesempatan untuk selalu tumbuh dan mendewasa. Siapa bilang hobi cuma kegiatan semata. Hobi memberi Anda jalan untuk mengeksplorasi bakat dan mencari tahu apa keistimewaan Anda. Ada banyak hal yang bisa dipelajari mengenai diri Anda lewat hobi yang Anda pilih. Selain mengungkap bakat tersembunyi, anda bisa juga menyingkap atau meningkatkan kualitas  pribadi Anda. Merajut dan membuat sketsa saya bisa mengasah kreativitas dan selain itu butuh kesabaran untuk detail. Kedua hal ini sudah seharusnya diterapkan ke seluruh aspek kehidupan.

Membuat Anda lebih menarik. Hobi bisa mengeluarkan hasrat tersembunyi Anda sehingga membuat Anda, sebagai pribadi lebih menarik. Selain itu hobi bisa membuat Anda istimewa dan memberi perbedaan dibanding orang lain.

Pernah mengikuti sesi 'ice breaking' dalam sebuah forum? Mungkin orang bingung hendak berkata apa, tapi bila Anda memiliki hobi, otomatis Anda akan memiliki topik yang unik dan menarik untuk dibicarakan.

Teman Baru. Begitu Anda memiliki hobi, aktivitas ini bisa membuka pintu segala jenis kesempatan sosial. Ada klub, tim terkait hobi yang bisa Anda kunjungi, sehingga Anda bisa bertemua dengan orang yang memiliki ketertarikan serupa. Mengingat Anda memiliki ketertarikan serupa, bukan tidak mungkin teman baru Anda juga memiliki teman-teman penghobi serupa.

Bila tak ada klub, mengapa tidak memulai untuk membentuk sendiri klub Anda, bisa lewat sekolah, atau menceritakan hobi Anda kepada orang lain, siapa tahu mereka tertarik. Anda akan terkejut mengetahui ternyata banyak orang yang memiliki hobi sama dengan Anda.

Sumber pendapatan. Memang, saran pertama lakukan hobi dengan tulus tanpa mencari keuntungan. Tapi, bila anda rutin melakukannya sehingga orang menganggap anda seorang pro, maka peluang sumber rezeki bisa terbuka.

Ada yang rajin menekuni hobi melukis di atas gelas. Awalnya untuk hadiah teman dan kerabat. Ternyata, teman-temannya sangat menyukai hadiah tersebut dan menceritakan kepada teman lain. Mereka inilah yang kemudian tertarik untuk membeli.

Itu bisa terjadi pada siapa pun. Jadi, selama Anda menemukan sesuatu yang menarik, Anda bisa menemukan cara untuk menghasilkan.

Omong-omong apa hobi Anda, sudahkah Anda memilikinya?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement