Sabtu 28 Dec 2019 20:28 WIB

Cara Aman Menghapus Makeup Tebal

Wajah tidak bersih dari makeup bisa menyebabkan masalah kulit.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: glamour.com
Foto: glamour.com

JAKARTA -- Makeup tebal atau heavy makeup biasanya diaplikasikan untuk menghadiri acara pesta. Masalahnya, jenis makeup ini cukup sulit untuk dibersihkan. Butuh melakukan pembersihan ekstra agar tidak meninggalkan sisa-sisa kosmetik di wajah.

Wajah tidak bersih dari makeup bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, komedo, hingga iritasi, Anda perlu tips efektif menghapus heavy makeup. Berkali-kali diusap menggunakan pembersih wajah, bukannya makeup jadi bersih, tapi kulit justru jadi terasa perih.

Berikut cara efektif menghapus heavy makeup Anda. 

Pakai Cleansing Oil

Belakangan micellar water menjadi primadona pembersih wajah ber-makeup. Meski cocok untuk sebagian orang, micellar water sebenarnya lebih cocok untuk menghapus makeup sehari-hari, bukan untuk heavy makeup. 

Baca Juga: Sebelum Memakai Skincare Ketahui Dulu Jumlah Takaran yang Tepat

Penggunaan makeup remover berbasis air ini kurang optimal untuk membersihkan heavy makeup. Karena biar makeup hilang, kadang Anda harus menggosok wajah dengan kencang.

Baiknya pakai makeup remover berbasis oil. Banyak orang yang menghindari makeup remover berbasis oil karena takut lengket dan bikin wajah jadi berminyak. Malah produk jenis ini akan memberikan hasil akhir yang fresh dan akan membuat Anda bisa membersihkan heavy makeup tanpa kesulitan.

Jangan Menggosok Wajah Terlalu Keras

Saat menghapus heavy makeup, Anda mungkin tanpa sadar menggosok wajah terlalu keras dengan harapan mendapatkan wajah yang bersih dari makeup dalam waktu cepat. Padahal cara ini tidak efektif membersihkan wajah, justru akan merusak kulit.

Kulit wajah yang mengalami gesekan terlalu keras menyebabkan kulit memerah hingga terluka. Agar wajah bersih maksimal tanpa masalah, pastikan Anda secara perlahan-lahan menggosok kulit wajah. Apalagi kalau kulit sedang berjerawat, melukainya akan mendorong penyebaran jerawat lebih besar di area wajah. 

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement